Sunday, June 09, 2013

(mommies journal) Potong Kuku Bayi

Jaman dulu sih saya gak pernah ngebayangin gimana caranya bisa ngumpulin nyali buat motong kuku bayi yang super imut! Perasaan deg-deg-serr nya itu loh... Takut melukai jarinya lah, bikin bayi nangis lah. Tapi karna uda punya anak sendiri dan mau engga mau salah satu jobdesknya adalah merapikan kuku bayi, maka segera nyali itu harus disiapkan.


Saya pertama motong kuku baby Na umur 40-harian (saya inget pasti pas itu dia lagi gundul-gundulnya)

Trus, keterpaksaan itu datang karna melihat kuku baby Na yang makin panjang dan 'hobi'-nya asal garuk sana-sini which is bakalan membahayakan kemulusan kulitnya sendiri. Nah, menghindari kulit baret ini pilihannya hanya dua. Pertama, saya musti pakaikan sarung tangan bayi. Kedua, saya harus cepet gunting kukunya. Opsi pertama gak saya pilih karena menurut saya gak baik 'mengekang' jarinya di balik sarung tangan, biarkanlah tangannya bergerak bebas. Jadi opsi kedua harus diambil.

Pertama gunting kuku waktu itu saya dibantu pengasuh bayi. Saat si baby Na sedang pules bobo di gendongan bu pengasuh, segera saya ambil pemotong kuku.
Pemotongan kuku pertama kali benar-benar bikin waswas deh, tapi saya akhirnya berusaha menenangkan diri sehingga sampai sesi ini berakhir baby Na tidak sampai marah atau terluka ( duh jangan sampe deh!)













Jadi berdasarkan pengalaman saya ini, saya jadi punya tips sendiri soal memotong kuku bayi:
1. Siapkan alatnya, yaitu pemotong kuku. Walaupun sebagian orang menggunakan pemotong kuku khusus bayi, saya sih pakainya pemotong kuku biasa saja, yang penting bersih dan tajam, jangan sampai sekali 'klik' (baca: suara pemotong kuku) kukunya belum terpotong sempurna.


2. Tunggu saat bayi benar-benar pulas. Bila belum pulas yang ada malah bayi rewel, ngamuk sehingga yang ada acara potong kuku batal.
3. Bila perlu, minta ditemani atau dibantu orang yang lebih berpengalaman. Misalnya saya yang dulu dibantu pengasuh bayi untuk membantu supaya bayi tidur pulas.
4. Tenangkan diri, tapi tanamkan bahwa anda pasti bisa memotong kuku secara aman. Jadi tetap hati-hati ya! Bismillah,
5. Kalau semua cara masih belum bisa, tidak ada salahnya meminta tolong orang yang lebih ahli, misal suster atau babysitter atau kerabat.

Bagaimana dengan Anda? Yang jelas, jaga selalu supaya kuku bayi selalu bersih dan sehat ya.

1 komentar:

  1. saya sih dulu berani potong kukunya pas usia sebulan hehehe...kalo kaos kaki saya beli seadanya aja di toko bayi ^^

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template