Wednesday, June 19, 2013

(mommies journal) Pendidikan itu Penting (Banget)

Suatu hari seorang ART saya minta izin datang kerja hanya sebentar, "Neng, besok ibu datang cuma nyuci piring, nyapu-ngepel saja ya? untuk cuci baju sama setrika ditunda lusa, soalnya mau ke sekolah ambil raport cucu  ibu."

Kemudian saya bertanya, "Oh, cucunya pengen ditemani neneknya ya bik? Mama-nya memang ke mana?" Pada dasarnya sih saya gak keberatan sama sekali. Asal rumah bersih saya udah bersyukur banget soalnya (tipikal manusia yang mata-nya gampang sepet liat rumah berantakan). Lagipula memang apabila tugas ART sudah selesai biasanya dia juga bisa pulang kapan saja. Paling lama ada di rumah saya hanya 4 jam.

Dan kemudian si bibik 'curhat' lumayan panjang yang pada akhirnya membuat saya berpikir.

"Iya neng, mama-nya kan kerja di pabrik. Jadi saya yang nemenin cucu saya. Masih 5 SD neng. Saya mah seneng bisa liat anak-cucu saya sekolah semua. Jaman saya dulu mah, biarpun orang tua saya ada uang tapi gak mau sekolahin saya. Katanya juga ujung-ujungnya ngurusin dapur, jadi gak disekolahin.  Ini juga karena anak-anak orang tua saya gak ada yang sekolah, sekarang juga pada bingung hartnya akhirnya ludes semua. Padahal dulu bener deh neng orang tua saya gak hidup susah."

"Kalau inget sekarang sih nyesel neng, gak punya ilmu. Dapat kerja juga cuma ngikut-ngikut orang (jadi pembantu, -red). Mau ngaji juga ga bisa baca Al Qur'an. Bisa sholat juga belajarnya mah pas uda tua.."

Saya terdiam sejenak, lantas teringat...

Di jaman seperti ini, rasanya pendidikan adalah suatu hal yang lebih mudah diperoleh dibanding jaman dahulu. Sekolah, banyak. Orang tua, alhamdulillah mau dan mampu membiayai. Pengetahuan gratis, banyak (intip perpustakaan, buka Google, dsb). Sementara dulu? kesadaran, sarana-prasarana mungkin tidak selengkap sekarang.

Rasanya miris ya, kalau jaman sekarang malah berganti kondisi, di mana anak-anak muda lebih sibuk mempelajari gadget (secara alay) dibanding sibuk membaca buku. Atau di mana anak-anak muda yang lebih sibuk membuka facebook untuk curcol daripada sibuk membaca wikipedia. *sigh*
Mungkin bisa juga salah di orang tua yang (dulunya) juga tidak memiliki pendidikan untuk mendidik anaknya. Atau mungkin karena semua terlihat serba teknologi malah menjadikan anak muda sibuk mencoba teknologi tanpa mempelajari hakikat teknologi itu sendiri.



Tapi ah, daripada sibuk berkomentar, mari kita belajar mulai dari diri sendiri. Selanjutnya mendidik generasi selanjutnya ke yang lebih baik. Malu dong sama si bibik yang uda tua tapi masih mau belajar ngaji, belajar sholat. Ah, saya juga jadi malu kalau ditegur suami karena hafalan surat pendeknya masih itu-itu aja serta jam mengaji saya yang terasa amat-sangat kurang. Padahal semua fasilitas ada, mulai dari Al Qur'an berbagai jenis, dari yang buku, plus terjemahan per ayat sampai per kata, bahkan di Android pun tersedia. Kalau bibik saja bisa, masa saya gak bisa?

*segera bongkar lemari buku*,
Ups banyak buku yang juga belum dibaca nih!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template