Wednesday, May 29, 2013

(random note - perasaan) Berdamai dengan Hati



Siapapun di dunia ini saya rasa pasti memiliki masalah sendiri-sendiri, entah itu urusan pekerjaan, keluarga, ekonomi, pertemanan dan lain-lain. Terkait dengan masalah, tentu apabila terkait dengan urusan hati, maka yang namanya masalah akan membuat hati serasa teraduk-aduk. Seperti contohnya masalah yang dialami sahabat saya. Sebenarnya dia bukannya memiliki masalah, namun dia harus menerima kenyataan bahwa karir-nya dikalahkan oleh junior-nya sendiri karena suatu sebab yang kurang adil kalau menurut pandangan saya. Dan yang membuat saya termenung adalah perkataannya, "Sudah lah gak apa-apa, mungkin saya akan mencoba berdamai dengan hati saya."

Di sini yang dia maksud adalah untuk mencoba mengalahkan perasaan negatif di dalam dirinya, baik perasaan iri-dengki, curiga atau perasaan lain yang berusaha menguasai pikirannya. Sehingga walaupun harus memperoleh hasil yang tidak memuaskan, dia pada akhirnya berkata, "Ya sudah, saya sudah berdamai dengan hati saya. Mungkin harus melihat ke teman lain yang mungkin masih jauh kurang beruntung lagi dibanding saya."

Mungkin saya bukan tipe yang se-nerimo itu, karena saya lebih tipikal ke berusaha "merebut-apa-yang-pantas-saya-dapatkan". Di sisi lain mungkin terkadang pilihan teman saya tadi cenderung pasrah menerima nasib. Tetapi saya juga salut karena dia memiliki sifat bersyukur yang cukup tinggi dan sabar yang belum saya miliki. Karena kadang kita lebih memikirkan apa yang belum/ tidak kita miliki ketimbang mengingat dan berterima kasih atas apa yang sudah kita punya. Mungkin, dengan kesabaran justru di akhir seseorang dapat menang. Karena dia berhasil mengalahkan pikiran buruk di dalam dirinya.

Bagaimana pendapat yang lain?

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template