Tuesday, April 30, 2013

(random note - peduli lingkungan) Kebersihan itu se(Bagian) dari Iman

Suatu ketika saya pernah menginjakkan kaki di pasar tradisional kota ini. Dan saat di sana saya syok berat. Syok karena pasar itu begitu kotor dan berantakan. Mulai dari los-los yang tidak tertata rapi, dari kondisi tanah yang becek (sebenarnya pasar becek mungkin biasa ya) tapi kotornya itu lho... Bahkan ada los dengan kondisi tanah becek dan belatung bergelimangan di atasnya. Hiiiiiy...


Saya syok berat.

Saya tertegun.

Inikah asal sayur-mayur yang saya beli dari pedangan keliling?

Dan akhirnya di sana saya yang sebenarnya punya hobi belanja sayur (yap, saya sangat suka memandangi jajaran sayur-mayur di pedagang), jadi tidak memiliki hasrat sama sekali untuk membeli bahan dedapuran. Saya memilih untuk putar balik kembali ke parkiran sambil menutup hidung.

Bagi saya, pasar tidak seharusnya seperti itu karena pasar merupakan salah satu tempat transit bahan dapur yang akhirnya menjadi penghuni perut kita. Selain itu saya sedih karena kesadaran para pedangan di pasar untuk peduli pada kebersihan yang amat rendah. Padahal  selama ini di kota saya sebelumnya pasar adalah lokasi yang amat familiar bagi saya. Dan saya belum pernah menjumpai pasar se-J.O.R.O.K di kota ini.

Kebersihan adalah sebagian dari iman bukan? karena menjaga kebersihan merupakan bukti keimanan seseorang.


Semoga suatu saat nanti pasar itu bisa berubah...


# segitungenesnyasampehalkayaginimasukkeblog


0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template