Monday, April 22, 2013

(family story) Nashita in 3 Months

SABTU - MINGGU

Surga besar buat para ibu bekerja. Karena di dua hari itu dapat diartikan menjadi kebebasan bersama anak seharian. Termasuk bagi saya. Berari saya bisa seharian bersama Nashita :D :D :D

Maka weekend ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu (di samping juga harus mempersiapkan energi full ya). Setelah pagi-pagi mempersiapkan menu sarapan untuk saya dan suami, segera deh mempersiapkan kebutuhan mandi baby. Mulai dari menjernihkan air dengan Pure it (hehehe, beginilah WTP di perumahan kami airnya kami rasa kurang bersih untuk ukuran kulit bayi yang masih lembut itu, jadi perlu kami jernihkan dulu), menyiapkan sabun-shampoo, perlak, handuk dan baju ganti. Lalu cepet-cepet mandi karena khawatir keburu si baby bangun dan mewek duluan (ciri khas baby Nashita yang gak-mau-sendirian-saat-membuka-mata.

Selesai mandi, hpuff lega karena belum bangun. Setelah dia melek dan mulet-mulet, maka saya menggendongnya sebentar dan dimulailah acara memandikan Nashita.

Setelah Nashita mandi dan rapi, maka giliran saya untuk mengajak Nashita berjalan-jalan ke sekeliling kompleks. Dan juga giliran ART saya untuk merapikan rumah. Hmm, sangat menyenangkan acara jalan-jalan weekend ini karena mulai hari ini (kemarin Jumatnya sih tepatnya), Nashita gak mau digendong ala baby lagi, karena dia lebih menikmati digendong dengan posisi agak berdiri.


Itu milestone pertama di weekend itu yang membuat saya takjub. Wah, gak nyangka ya ternyata dia makin besar dan bisa memilih posisi mana yang pewe untuknya. Kalau yang pernah saya baca sih, memang di usia 3 bulan bayi akan berusaha belajar menegakkan kepalanya dan memperluas pandangannya. Jadi saya pikir itu sebabnya Nashita pengen digendong agak tegak. Rupanya dia ingin melihat dunia ini lebih luas  ^^

Yang saya petik dari milestone ini adalah : ternyata 'berat' 6 kg itu berasa ya, hehee... Alhamdulillah Nashita makin besar dan makin bertambah BB-nya. Hehe, besarin lengen ini cerita emak-nya. Dan solusi-nya, sekarang sih bisa dibantu gendong pakai baby scott biar lengan gak terlalu gempor. Tapi saya juga ga berani pakai terlalu lama sih, khawatir pantatnya masih belum siap digendong ala seperti itu.

Selain itu, kali ini saya mengajak Nashita pergi ke Posyandu. Yah biarpun saya jarang banget kumpul sama ibu-ibu, terkadang juga pengen sih merasakan suasana ngumpul ibu-ibu. Jadi dengan (minta-tolong-nebeng-jalan) bareng sama teman main Nashita, yaitu Zhalfa dan mama-nya, kami berempat berjalan ke Posyandu. Lumayan jauh juga sih, hehe, gak mengira karena saya kira Posyandunya dekat dengan blok saya, eh ternyata...(dasar gak biasa jalan kaki jauh sih, hehe)

Karena kami berangkat agak siang (pukul 10-an waktu itu), antrian sudah sepi sehingga tinggal daftar saja dan Nashita dapat ditimbang dan diukur panjangnya. Ternyata beratnya 6,1 kg :D Setelah ditimbang, maka petugas mendokumentasikannya di KMS (Kartu Menuju Sehat). Alhamdulillah BB Nashita masih dalam garis oke untuk pertumbuhannya.



Pelajaran yang saya ambil dari pengalaman ke Posyandu ini ada beberapa:
  1. Untuk berjalan ke Posyandu, ternyata membawa payung amatlah penting! panas soalnya, hehe... Dan ternyata ibu-ibu lain juga pada bawa payung loh.
  2. Posyandu amat sangat membantu loh kehadirannya di setiap RW/ Kelurahan, dengan akses yang mudah dapat dicapai seorang ibu dan bayi/balita tanpa perlu repot diantar suami (soalnya di perumahan saya lokasinya masih gampang dijangkau). Salut deh buat founder-nya! Selain itu dengan biaya terjangkau bayi juga dapat didaftar untuk imunisasi (atau mungkin malah gratis ya?)
  3. Jangan lupa bawa uang untuk infaq  (dan untuk saya yang pertama kali datang) serta membayar KMS seharga Rp 2.000,00
  4. Ternyata setiap pemeriksaan mendapat bingkisan gratis. Ketika ke sana saya mendapat Biskuat Bolu. Denger-denger sih yang minggu lalu dapat bonusnya bubur Serelac.
  5. Ini yang terpenting, ternyata setelah bertemu bayi-bayi lain, saya baru sadar kalau memang Nashita sipit ya :D hehe, anak Mama nih ^^ Kalau bagi saya sih justru itu yang bikin Nashita cantik...

Setelah proses di Posyandu selesai, maka kami berempat kembali pulang ke rumah. Eh ternyata Nashita menikmati proses digendong dalam jangka waktu cukup lama sepertinya, karena di perjalanan dia tertidur pulas :D

Di rumah, selain sibuk berceloteh, kali ini Nashita juga sedang sibuk memamerkan keahlian terbarunya : mengangkat kepala sambil tengkurep. Ya walaupun dia sudah berusaha sekuat tenaga, sepertinya pantatnya masih terlalu berat untuk diajak tengkurap. Jadi masih perlu 'sedikit' bantuan dari ortunya ini, hehe...


Bayi memang berjuang ya...berjuang untuk belajar dan mengeksplorasi dirinya sendiri. Subhanallah!

Setelah Nashita berjuang menegakkan kepala kurang lebih semenit, akhirnya Nashita merengek lagi deh minta ke posisi tiduran awal...dan tentu saja nagih bonus : apalagi kalau bukan ASI. Hehe...bener-bener kecapean deh kalau melihat semangat menyusu-nya yang 45 itu ^^ Dasar bayi!

Setelah menyusu kenyang, akhirnya Nashita kembali tertidur pulas, di pelukan saya. Sangat menyenangkan sekali Nak hari ini bersamamu. Apapun yang sudah kamu capai hari ini, hanya satu ucapan dari Bunda-mu ini : kamu hebat Nak, terima kasih ya!









0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template