Thursday, December 15, 2016

(mommies journal) Na Raport-an?! :D

Pas pulang sekolah minggu lalu, si Na bilang, "Bunda, ada surat dari bu Guru" lalu dia membuka tasnya dan memberikan ini ke saya.


Whuahahahaaa, akhirnya datang juga masa itu. Hari ambil raport di sekolah. Hehehe, sumpeh bener-bener berasa jadi ortu dah!



Karena pengalaman pertama sih jadinya pengen ketawa aja, lucu gitu masih playgroup pake rapotan segala yak. Padahal saya kan niatnya cuma mencarikan tempat main aja buat si Na biar kegiatannya gak di rumah terus gitu. Sama melatih dia trust ke orang lain, bahwa ada juga orang lain yang bisa dia percaya sebagai gurunya. Juga nambah teman-teman dia. Memang sih ada yang beranggapan anak umur 3-5 tahun tidak perlu bersosialisasi karena khawatir malah men  imbulkan tertular 'hal buruk' dari lingkungan luar, atau belum mengenal konsep berbagi, dll. Namun saya dan suami sih sepakat, ada kalanya tidak masalah kok harus bersosialisasi. Sedikit demi sedikit mengenal konsep berbagi untuk barang tertentu, sehingga tidak terlalu berpikir bahwa semua benda adalah miliknya. Menurut saya Na mulai paham misalkan benda atau mainan di sekolah itu punya bersama, jadi pakai bergantian atau antri dulu. Sedangkan kue bekalnya itu adalah miliknya, jadi dia makan sendiri dengan bebas (hehehe, soalnya Na juga belum paham konsen 'nawarin' jajan ke teman sih). Buat yang punya pendapat anak seusia Na gak perlu sekolah juga it's okay. Toh teorema parenting jaman sekarang juga beragam, terserah deh mau adopsi yang mana. Saya sendiri saja tidak serta-merta mengambil ilmu parenting dari  A, B atau C. Biasanya saya pilih-pilih mana yang sekiranya sesuai, mana yang tidak dengan anak saya. Atau juga menggunakan intuisi sebagai ibu saja. Yang penting tidak berlawanan dengan ajaran agama, malahan sih harusnya mengikuti ajaran agama.

Back to the topic. akhirnya saya datang ke sekolah buat ambil raport Na. Sebenarnya ada rapat orang tua juga sih. Tapi saya minta izin langsung ambil raport soalnya ada kuliah pagi di jam yang sama. Jadi sungkan deh ambil duluan sementara yang lain pada ikut rapat dulu.



Ternyata gak hanya raport yang dibagikan, tapi juga lembar kegiatan Na di sekolah selama 1 semester lho. Waaah, saya seneng banget deh liat hasil karyanya :D









Selain itu, Bu Kiki, guru Na juga menjelaskan apa saja progress Na di sekolah. Apa kegiatan yang dia suka, apa yang dia kurang suka. Juga tentang keseharian Na sama teman-temannya, bagaimana cara dia berteman. Juga kekurangan Na, misalnya yang masih suka malu-malu, hihihi.



Apapun itu sih, saya seneng dengan kemajuan yang dialami Na di sekolah. Dari yang dulu minta ditemenin sampe sekarang yang minta masuk sekolah sendiri cuma dianter sampai loker tas. Dari yang gak mau gabung sama teman terus sekarang udah ikut main sama teman-temannya. Gak penting apakah masih banyak kekurangannya dalam pelajaran sekolahnya (walaupun seneng juga waktu tahu dia cukup cepat menghafal beberapa pelajaran dari guru),    namun lebih penting  saat tahu semakin ke belakang Na semakin menikmati kegiatannya di sekolah. Tentu ucapan terima kasih sebesar-besarnya turut saya sampaikan ke guru paygroup Na yang bisa membimbing Na sampai seperti ini. Hmm, jasa guru emang luar biasa ya?

Sekarang sih uda lega penasaran sama bentuk raport bocah udah selesai. Yang sekarang masih belum lega adalah...nunggu nilai si Emak di kampus keluar habis EBAS ntar, hahaha. Hayo, berapa IP-nya???

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template