Tuesday, May 20, 2014

(random note) Tentang Membuang Sampah dan Edukasi dari Orang Tua

Kemarin sore beberapa anak tetangga main ke rumah. Tentu Na heppy banget temen-temennya datang. Trus saya bagi-bagi snack buat temen-temen Na (ada yg TK, SD, SMP). Dan asyiklah para anak kecil bermain sambil nyemil. Sampai ketika cemilan mulai habis (kebetulan sore itu cemilannya snack bungkus plastik) dan para anak-anak membuang bungkus cemilannya. Dan wow...terkesimanya saya karena dari 4 anak semuanya asal buang aja. Ada yang lempar di teras, ada yang buang di luar pagar. Hehehe...rada sedih juga sih soalnya pada gak biasa buang sampah ke tempat sampah. Apalagi sampahnya macem sampah non-organik gitu.

Kemudian saya mikir, tenyata biar di desa biar di kota sama aja ya. Namanya buang sampah sembarangan tetap ada. Jadi gak heran banjir bisa nongol baik di kampung atau metropolitan. Lah habit-nya masih sama soal yang satu ini.

Well, karena posisinya saya sekarang tinggal di desa kecamatan, maka saya bahas versi ini dulu. Di seberang depan rumah juga ada kali kecil mengalir. Sayangnya saya pernah liat orang dewasa (yang juga salah satu ortu teman Na tadi) yang buang kantong plastik item gede berisi sampah rumah tangga ke aliran kali. Hmm, dikira asal rumah sendiri bersih, gakpapa lah ya sampah dibawa sungai. Kali sungainya bisa nganter sampahnya ke tempat sampah. Okesip, ortunya begini maka anaknya pun begitu.

Dalam hati saya jadi khawatir. Duh, bisakah saya ngajarin Na dengan bener nanti? Bisakah saya mendidiknya dengan baik termasuk membuang sampah? Soalnya ntar kalo Na ketauan buang sampah ngawur dan diliat yang sempat baca postingan blog saya ini, malu dong eike... Hihihi. Enggak lah yaw, gimanapun semoga Na (dan adiknya) paham bagaimana meletakkan sesuatu pada tempatnya, termasuk sampah.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template