Monday, May 19, 2014

(old day memories) Pengalaman Naik Motor

Liat ada anak tetangga perempuan yang lagi diajarin naik sepeda motor, eh ingatan jadi melayang ke jaman kala saya juga diajarin naik motor. Walo rada lupa sih, sekitaran SMP gitu deh pertama kali megang setir motor ini. Diajarin sama kakak sepupu saya, mas Didik yang sabaaar buanget. Pertama saya coba motor Honda (lupa seri apaan ye?) di jalanan setapak desa gitu deh. Hmm, yang jelas walo senang emang hati berdebar ya ngebayangin kalo motor mendadak jatuh ato loncat. Hehe...

Trus selanjutnya saya diajarin sama kanjeng Papi sendiri. Iya, Bapak saya nerusin aja hasil didikan saya sebelumnya. Tapi dengan segudang list kurikulum bo'. Maklum Bapak saya perfeksionis, gak bakal ngelepas anaknya naik motor kalo enggak beneran yakin anaknya beneran bisa naik motor. 'Bisa' yang saya garis bawah bukan sekedar bisa narik gas saat motor berangkat dan nginjek rem saat motor sampai tujuan yeh kayak anak krucil jaman sekarang yang sok jago naik motor. Tapi bisa ngatur kapan gigi oper ke 1, 2, 3, kapan bisa ngatur laju gas dan rem. Ngehitung kecepatan yang wajar di jalan. Paham rambu lalu lintas. Juga bisa naik motor dengan stabil tapi sesuai sikon mau itu jalan raya, gang sempit, jalanan berbatu ato jalanan becek. Wess...term & condition applied deh sebelum bisa dilepas.

Otomatis saya rada belakangan dong dibanding teman lain yang uda diijinin ortunya naik motor. Lah saya kena pendidikan panjang lebar dulu, hihihi. Jadi rasanya mupeng bener dah liat temen les uda pada naik motor, apalagi yang motornya gres (jaman dulu yang beken macam Honda Supra, Suzuki Shogun, belum ada era motor matik kaya sekarang). Nah kala itu saya harus puas pergi kemana-mana naik.sepeda Phoenix, bahaha...maknyess dulu deh rasanya, maklum masih abege labil.

Nah sampai kemudian, kalo ga salah saya kelas 2 SMA saya dibeliin motor baru, yang bahkan STNK-nya pake nama saya sendiri (iyee, jadi dengan kata lain saya dibeliin motor nunggu KTP dan SIM jadi! alias nunggu umur 15 taun). Motor saya Suzuki Smash warna merah-item. Eh balik dulu ding ke cerita KTP ama SIM saya. Bangga dong saya gak pake kartu tembakan cyiin. KTP ngurus ke Kelurahan. SIM ikut kolektif sama sekolah (dan asiknya cuma tes tulis gak pake tes praktek-yang-lumayan-ribet-itu). Jadi gak ada cerita umur dipalsu demi dapat SIM dipercepat. Horor ah malsu umur.

Nah setelah cerita manis, sekarang ke cerita pahit naik motor. Apes saya yang pertama waktu kecelakaan naik motor. Jadi ceritanya saya gak boleh ortu pulang di atas jam magrib. Sore itu saya abis jalan-jalan sama temen buat beli kado ultah. Dan maklum remaja kecentilan belanja akhirnya saya selese nganter teman saya uda jam 5 lebih. Khawatir diomelin pulang kesorean (anak alim banget dong gw), maka jalan pintas dong diambil: naik motor sekenceng-kencengnya. Dan pas di pertigaan depan gang rumah, saya main nyebrang walopun sempat tau dari arah kiri juga ada motor melaju. Brakk, jatuh deh kedua motor. Sama-sama salah sih, ngotot minta jalan duluan dan sama-sama kenceng padahal uda tau itu pertigaan. Singkat cerita akhirnya saya dan yang tabrakan sama saya sih damai soalnya males urusan sama Polisi. Trus Bapak saya bawa saya ke UGD RS buat pertolongan pertama. Disana hilang deh kuku jari manis kanan saya, harus dicabut. Hehe, untung biusnya kenceng jadi gak berasa sakit. Selain itu lutut saya diperban dikit deh (tapi entah jaman itu saya kok malah ngerasa keren diperban, berasa kaya tokoh sinetron protagonis yang abis ditabrak penjahat). Jadi biarpun ada perban nongol, saya sih pede-pede aja sekolah, haha.

Kemalangan kedua naik motor adalah waktu malam-malam pergi serombongan sama temen sekelas. Ceritanya waktu itu kita main ke semacam pekam raya kabupaten. Cuci mata sambil beli cemilan. Eh pas itu malah saya ngeliat cowok sekolah sebelah yang ganteng yang baru seminggu nembak saya dan bilang 'I lope u so mat' malah boncengan mesra sama cewek lain. Hahaha..miris. Itulah saya melihat realita pertama bahwa cowok adalah tukang gombal selain suami saya. Eh, sebenernya cerita ini ada hubungannya sama naik motor gak sih?

Nah dan yang ini sih kepahitan ketiga saya naik motor. Jaman kuliah. Jaman baru beberapa hari dibeliin laptop baru. Jadi ceritanya siang itu saya ngebonceng temen kost, pulang kuliah mau balik ke kost. Mendadak di tengah jalan hujan turun dan langsung deres. Panik saya. Soalnya di tas ransel saya ada si laptop baru yang gak dilapisi anti air sama sekali. Jadi lagi-lagi saya ambil pilihan bodoh: ngebut sekenceng-kencengnya. Padahal jalan kampus dua arah serta gak terlalu luas, maka adalah hal berbahaya saat dari arah berlawanan ada motor yang juga melaju kencang. Dan itu yang terjadi sama saya, ngehindari jalanan yang rada berlubang di pinggir membuat saya rada berada di tengah dan... Brakk! nabrak deh ada pengendara dari arah berlawanan.

Seketika kedua motor berhenti. Kaki saya luka dan berdarah. Tapi si bapak 'lawan motor' tadi malahan sibuk nyalahin saya yang ngebut dan gak hati-hati. Juga sibuk mengeluh kalo motornya motor pinjaman dan rusak serta dia menuntut ganti rugi. Saya yang lagi keliyengan abis jatuh dan merasa bersalah (iya sih emang salah), langsung deh nyanggupin jadwal nego ganti rugi. Kemudian langsung telepon dua orang temen. Yang satu ngurus nego, satu lagi ngantar saya berobat dan pulang kost.

Singkat cerita sih saya butuh pulih dari luka saya hampir dua mingguan. Dan saya harus jalan berhari-hari pakai kruk atau harus ngesot soalnya lutut saya sakit banget kalo digerakin. Ortu baru tau kalo saya abis kecelakaan beberapa hari setelah hari-H, itu juga karena gak sengaja ortu saya dadakan main ke Surabaya, katanya feeling gak enak, hihihi...ya maklum saya takut dan malu cerita sama ortu. Pan kecelakaan macam gini gara-gara saya yang salah bin bego. Trus uniknya teman yang saya bonceng pas hari itu malah sama sekali gak luka lho. Bersyukur juga saya, kalo dia kenapa-napa saya dong yang merasa bersalah. Trus saya inget lagi, hal konyol yang saya lakukan setiba di kost setelah berobat adalah: buka tas dan cepet-cepet ngecek kondisi laptop baru saya. Haha... Eh ya, satu lagi deh kepahitan saya dari kecelakaan ini selain harus menahan sakit di lutut dua minggu dan gak bisa ngapa-ngapain. Saya masih harus bayar ganti rugi (dan karena saya gak lapor ortu, maka harus saya yang ambil hampir setengah uang jajan saya buat bayar kerusakan motor bapak itu) serta ngereparasi motor saya buat nutupin ke ortu seberapa parah kerusakan yang dialami motor saya. Heheee. Belum cukup? apa ya, mungkin bagian pahit lagi sebagai abege alay adalah: kala itu saya jomblo jadi gak ada yang kirimin saya makanan enak tiap hari :D


Ya itu pengalaman saya selama naik motor. Makanya saya asli heran kalo liat anak SD udah pada diajarin motor. Ngerti kagak sih ortunya kalo umur segitu mana bisa ngatur emosi, mikir sebab-akibat, arti rambu, ngebaca situasi jalan, dll. Eh tapi mungkin aja sih ya ortunya juga sama-sama kagak paham... Jangan-jangan SIM-nya juga pada nembak. #ketawaNyinyir.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template