Sunday, June 05, 2016

(random note) Marhaban Yaa Ramadhan

Horeee uda bulan puasa lagi! Bulan dimana isinya hari-hari untuk bersih-bersih, mulai rumah, mukena, harta...dan yang paling penting bersihkan diri nih. Nambah ibadah, amiiien. 

Oh ya, rasanya kadang hati sesek juga ya kalau dengerin tauziah atau baca-baca hal-hal tentang agama. Ternyata di dunia hidup kita ini hanya sekejap saja. Sekejaaaaaaap, sebentar sekali dibandingkan kehidupan kekal di akhirat. Hiks, jadi sedih inget berapa banyak dosa di dunia ini ya. Gimana pertanggungjawaban saya nanti. Belum lagi juga ingat, dosa sekecil apapun Allah Maha Tahu, mau pura-pura inget atau dosa di dalam hati juga bakal ketahuan.

Ya Allah, semoga Ramadhan tahun ini bisa memperbaiki diri, aaamiiien!

Aih ya, sedikit cerita di awal Ramadhan ini ketika semalam saya mencoba sholat Terawih di mesjid komplek. Bersama kedua monscil ini tentunya, wkwkwk... 

Awal-awal sholat Isya, lancar. Si kakak mau pake mukena ikutan sholat. Si adek ikut Ayah walaupun mintanya gendong mlulu, tapi anteng. Namun cerita berubah ketika sholat Terawih dimulai. Si adek mulai merengek akhirnya ikutan deh ke jamaah wanita sama saya. Awalnya anteng, namun lama-lama bosen di tengah barisan jamaah dan mulai kabur. Si kakak malah ga mau ikutan sholat lagi dan kabur bareng si adek, lari ke daerah belakang yang memang kosong. Lari-larian tapi masih terkontrol. Saya pindah shaf paling belakang biar bisa ngawasin.

Sholat kedua, mereka mulai berantem! Perkara rebutan sandal. Si kakak ga kasih pinjem sandalnya ke adek. Si adek tetep maksa langsung pake sandal si kakak. Si kakak ga terima langsung tarik sandal dari si adek, akhirnya si adek jatuh dan nangis, huhuhu... Akhirnya jadi makmum masbugh soalnya nenangin si adek dulu. 

Sholat ketiga, makin jauh kabur. Mereka tahu ada got di halaman masjid! Dan sibuk bermain lempar kerikil (itu lho lempar-lempar kerikil ke got biar ada bunyi "cemplung")...weleh saya sholat sambil tetep aja khawatir. Kalau ada yang kecebur got gimana???

Sholat keempat, si adek ngelihat ayahnya di shaf jamaan pria dan nangis pengen ikut ayahnya. Lah yo dek, kalo pengen ikut ayah kok enggak nyamperin langsung aja malah nangisin doang sambil berdiri diem, hahaha.

Akhirnya setelah itu saya ajak pulang deh kakak dan adek hehehe. Abis daripada ganggu jamaah lain. Ya biar saya emang mengenalkan mereka ke masjid supaya betah di masjid dan saat mereka beranjak besar maka masjid adalah salah satu tempat ternyaman dan sering mereka kunjungi gitu (aamiiiien), makanya saya belajarin ikut Terawih. Tapi kalau sudah mulai terlalu 'onar' sih, pulang aja yaaa hehehe. Jamaah lain juga butuh ketenangan saat sholat bukan?


*) update :
Selanjutnya gimana beberapa kali terawih selanjutnya? Ya semakin lama kakak dan adek sih makin betah emang di masjid. Namun suatu ketika si adek nekad naik ke tangga sampai dijemput seorang bapak-bapak. Akhirnya saya berpikir setelah ini harus ada masjid lain buat tempat sholat Terawih selanjutnya, ck ck ck.


Eniwei, mari kita perbanyak amalan di bulan puasa. Boleh lho ingatkan teman untuk nambah ibadah, jangan khawatir dianggap sok tau, pamer, riya' dll. Asalkan niat kita memang untuk kebaikan, tak masalah. Semog kita menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.


Selamat menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan ya...semoga ibadah kita dan kemurahan Allah yang Maha Kuasa mampu melunturkan dosa kita (yang banyak sekali sepanjang hayat).


0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template