Sunday, June 26, 2016

(random note) Warna-warni Ramadhan : Anak-anak dan Masjid

Ada yang pernah bilang, apabila suatu surau atau masjid sepi dengan suara anak-anak, pada saat itulah kita mulai cemas dengan kecintaan generasi pada masjid.

Anak-anak dan masjid. Di saat bulan Ramadan seperti ini, saya teringat saat di desa budhe saya, saat penyelenggaraan sholat terawih selalu ramai dengan anak-anak. Saat adzan Isya berkumandang maka mereka sudah mendatangi surau, lalu sambil menanti sholat dimulai maka halaman surau akan diramaikan dengan anak-anak memakai sarung yang berlari, memainkan obak (Jawa : permainan, -red) yang tentunya yaa membuat suasana ramai. Ada juga beberapa anak yang sholawatan menggunakan speaker surau dengan suara yang cempreng dan seringkali acak adut, bahkan mereka tak jarang berebutan speaker untuk dulu-duluan sholawatan. 

Selain ramai saat terawih, masjid atau surau juga tak kalah ramai saat menanti adzan Magrib, antri takjil tentunya. Hehehe, dulu saya juga sempat demen sama takjil (sejak dini sudah doyan gratisan). Apalagi kalau pas takjilnya yang istimewa atau sponsor dari merk tertentu, misalnya jaman dulu dari merk Teh Botol Sosr* dan lumpia (salah satu jajan idola saya) hihihi sampai berumur segini pun saya masih keinget suasana ngantri takjilnya dulu.

Namun beda masjid pun tentu terkadang beda pula adatnya. Ada masjid tertentu yang sangat disiplin dengan anak-anak. Saat saya tinggal di perumahan baru-baru ini, saya pernah mengalami kejadian seperti ini. Saat itu sedang sholat Isya berjamaah. Suasana kebetulan agak terganggu beberapa anak yang berisik, taksiran saya sih anak kelas 3-4 SD. Sehingga sang imam yang biasanya suka memilihkan surat yang agak panjang kemudian mengganti surat dengan yang lebih pendek. Seusai sholat kemudian pak imam memberi himbauan kepada jamaan, supaya orangtua yang membawa anak-anak ke masjid agar mengkondisikan supaya anak-anak tidak berisik ketika sholat berlangsung, karena dikhawatirkan mengganggu kekhusyukan sholat jamaan yang lain. Dalam hati saya jadi khawatir juga, berasa ikut diomelin, soalnya saya lagi bawa si dedek Ka, yang biasanya juga suka kliteran di masjid dan terkadang tentu suka berteriak gak jelas, "Aaaak...!" saat misalnya -ngeliat ada cicak lewat di dinding. Atau kadang nangis gak jelas mendadak minta gendong pas ayahnya lagi sholat. 

Sebagaimana orangtua pada umumnya, tentu kami berusaha mengenalkan masjid (dan cinta pada masjid) sejak mereka kecil. Ya walopun kami pun tahu mereka belum paham, hehe setidaknya mereka tahu ada tempat dimana orang-orang beribadah dan lantunan ayat suci mengalun... Kalau ditanya repot tentu repot karena terkadang sambil sholat harus gendong,
 atau kadang mereka merengek tidak jelas pula, atau malah lari-lari kesana-kemari di antara para jamaah (ini nih kalo si kakak Na dan dedek Ka lagi kompak berkomplot untuk lelarian bareng). Sungkan juga ganggu jamaah lain. Ya mungkin sih untuk mereka yang punya anak kecil sama seperti kami biasanya maklum dan santai saja, tapi bagi mungkin anak muda (kaya saya jaman masih mahasiswi dulu) bisa jadi keributan akibat anak kecil membuat orang menggerutu, hahaha, ketauan deh saya dulu judes banget sama anak kecil. Saat remaja saya sering bete kalo ada anak kecil teriak-teriak ato lari-lari di antara jamaah, nah lo sekarang kapok dah eh punya anak juga gitu... ~

Kata suami sih, sebagai jalan tengah supaya kami bisa tetap mengenalkan masjid ke anak-anak adalah rutin mengajak mereka ke masjid, tentu tidak hanya saat terawih saja (walaupun tentu ini juga salah satu momen pas), tapi juga nanti selepas Ramadhan. Mungkin saat sholat Isya bisa juga selalu mengajak anak-anak. Dan apabila di tengah-tengah sholat mereka sudah terlalu ribut atau mengganggu tentu saya harus mengalah untuk mengundurkan diri pulang ke rumah membawa mereka, hahaha. Seperti kemarin saat si Ka nekad memanjat ke anak tangga dan bikin bapak-bapak sibuk merayu dia untuk turun tanpa menagis....kyaaa!

para tersangka pelaku keonaran di masjid

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template