Wednesday, June 08, 2016

(random note) Tuma'ninah & Khusyuk

Berseliweran di timeline FB mengenai sholat Terawih di sebuah tempat sebanyak 23 rakaat dilakukan dalam 7 menit. Dan berbagai pro-kontra di dalamnya (ga perlu saya tulis ah disini). Terkait tuma'ninah-nya...

Kemudian pernah saya sholat di masjid dan imam masjid menghimbau agar orang tua yang mengajak anak ke masjid mengkondisikan supaya anaknya tidak mengganggu jamaah lain. Tentang khusyuk...

Sholat memang ibadah pribadi antara manusia dengan Allah. Tentang khusyuk dan tuma'ninah akhirnya menjadi bahan diskusi saya dan suami selama beberapa menit. Jadi kemana-mana deh heheee. Namun akhirnya saya dapat dan teringat beberapa tips supaya sholat kita khusyuk dan tuma'ninah. Saya rangkum disini ya...

Bismillahirohmanirohim,

1. Pahami dan hafalkan sekaligus arti bacaan sholat serta surat-surat Al Quran yang sering kita pakai sewaktu sholat. Seinget saya ini saran dari guru agama SMA yang sekarang sudah Alm... Ya, dengan memahami arti bacaan maka kita seolah berbicara dengan 'pihak lain', sehingga saat mengucapkannya kita pun berhati-hati dan ingin agar ucapan kita diterima olehNya, Allah tempat tujuan kita melakukan sholat.

2. Sholatlah seakan-akan itu adalah suatu perlombaan sehingga kita akan berusaha mempersembahkan yang terbaik. Jadi kita terhindar dari sholat 'ala kadarnya', karena kita berpikiran ingin membuat suatu persembahan yang paling baik.

3. Sholatlah seakan-akan kamu melihat Tuhan, kalau tidak bisa maka sholatlah seakan-akan Tuhan sedang mengawasi sholatmu.

4. Sholatlah seakan-akan itu adalah sholat terakhirmu karena mungkin setelah ini maut akan menjemput. 

Nah, mana yang kira-kira yang bisa membantu? Tentu hanya kita sendiri yang tahu mana yang tepat untuk dilakukan...

Wallahu 'alam,

2 komentar:

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template