Thursday, June 09, 2016

(mommies journal) Pengalaman Memasak untuk Buka Puasa & Takjil

Ada yang bilang kita sebaiknya tidak memasang foto makanan berbuka, ya emang sih apalagi niatnya pamer lagi makan menu X yang mahal di resto Y yang mewah, hihihi... Padahal niatnya foto soalnya jarang-jarang bisa makan makanan mihil.

Tapi kali ini saya mau majang hasil masakan buka puasa saya hari ini, yaitu Ayam Kecap Mentega...jreng jreng jreng... Bukannya apa-apa soalnya saya uda lama gak mengolah ayam selain jadi ayam goreng. Betapa tidak kreatifnya saya ini...! Jadi demi improvisasi saya dan diharapkan ke depannya saya bisa berkreasi lagi dengan daging ayam, maka dengan ini mohon maaf saya mau pamer hasil masakan saya.

AYAM KECAP MENTEGA
Susah yeee ngefoto makanan, pantesan profesi ngefoto makanan (opo yo jenenge lali aku) bayarannya bisa jutaan... Ya sudahlah foto seadanya ini.

Biar kaya food blogger, maka saya beru sedikit resep & cara memasak ya. Bumbunya seadanya yang di dapur kok. 

RESEP
  Ayam 1/2 kg
  Bawang merah
  Bawang putih
  Jahe
  Tomat
  Daun bawang
  Saus tiram
  Kecap manis
  Saus pedas
  Mentega
  *) Bumbu halus : bawang putih garam ketumbar

Cara Membuat 
1. Potong ayam kecil-kecil, rebus bersama air mendidih dan bumbu halus sampai empuk
2. Goreng ayam sampai kecoklatan
3. Iris tipis bawang merah, bawang putih, tomat, jahe lalu tumis dengan mentega
4. Masukkan ayam yang sudah digoreng, tambahkan irisan daun bawang, saus tiram, kecap manis, saus pedas, garam secukupnya
5. Aduk-aduk...siap! (maksudnya siap dihidangkan)

Hehehe, selanjutnya saya masih punya cerita. Kebetulan saat itu saya dapat giliran kirim takjil buat mushola sebelah. Nah sebagai naluri ibu-ibu profesional kali ini saya berniat bikin jajanan sendiri, ya yang gampang aja niatnya bikin tahu isi dan bakwan sayur.

*) pssst, yang gak percaya kalo saya bisa masak, sini deh saya tunjukin pict sewaktu bahan masakan saya diolah...ini nih,


ini adonan bakwan sayur


ini adonan isian tahu isi

Eh, jangan ada yang nanya ya, kok hampir mirip isinya? Iya, saya mau membudidayakan cinta sayuran melalui masakan gorengan. Wkwkwk, iya deh bohong, soalnya saran suami buat latihan bikin 2 menu ini aja soalnya bahannya hampir sama, jadi waktu proses pengolahan lebih efisien.

Singkat cerita akhirnya kedua menu ini bisa matang dan hasilnya lumayan lah buat pemula macam saya yang sambil masak harus ngebujuk si Na dan Ka biar gak berantakin dapur. Namun kejadian gak terduga muncul saat gorengan terakhir, si api menyambar suthil (sendok penggorengan, Jawa-red.) dan membuat situasi dimana wajan saya berapi, wlaaaar!  (iya, itu wajan ada apinya ala-ala chef lagi numis) Kelabakan akhirnya api di wajan bisa dipadamkan dengan lap basah diiringi jejeritan kaget. Alhamdulillah enggak ada apa-apa...


Gambar dari google, tapi mirip deh kaya kemarin kejadiannya (plis deh jangan tanya kenapa saya gak sempat foto wajan saya sendiri)

Hehe, akhirnya setelah itu selama sejak kami harus berjuang 'mengeluarkan' asap dari dapur. Abisnya lumayan bikin rumah dinaungi semacam kabut asap lho!

Dan lalu, mana foto hasil gorengan saya? Kagak ada hiks lupa foto soalnya uda injury time... Uda mepet waktu berbuka sehingga si Ifa (pengasuhnya anak-anak) udah ngeberangkatin tahu isi dan bakwan sayir sebelum saya foto-fotoin haha. Bagus lah, niat pamer saya gagal, hehehe.

Sekian cerita saya. Semoga ke depannya saya makin pinter masak ih, pengen jadi koki cantik seksi yang masakannya sedaaap!

2 komentar:

  1. Terimakasih Artikel (mommies journal) Pengalaman Memasak untuk Buka Puasa & Takjil nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template