Tuesday, February 24, 2015

(random note) Dis-orientasi Arah

"Kalo mau ke rumah Pak X, lurus terus aja mbak. Trus belok ke timur sekitar 500 meter, ntar ada masjid di sebelah barat, nah rumahnya yang ada di selatam masjid."

Itu kalo saya yang dikasih clue semacam itu pasti reaksi pertama adalah garuk-garuk kepala. Trus reaksi kedua, berkata, "Maaf pak, jadi ini saya belok kanan atau kiri? Soalnya saya gak paham arah barat-timur," *sambil nyengir.

Saya gak tau sih apakah banyak orang semacam saya yang bener-bener susah mikirin arah angin. Sementara ternyata si Mas suami amat mudah lho membedakan mana barat-timur, utara-selatan, di manapun dia berada. Di kota manapun! Sementara saya aja clueless, rumah ortu saya itu sebenernya ngehadap arah mana ya? *wanita payah. Sampe dulu saya nganggep orang semacam Mas suami dan kebanyakan para sesepuh (haha, maksudnye ngatain suami uda sepuh apaan yak) itu 'sakti' lho. Hehe, saya lebih milih install apps semacam Kompas aja deh di HP, pasti akurat gitu hehehe (thanks for technology aja deh). Atau pokoknya kalau nanya arah ke orang saya lebih paham 'kanan-kiri' aja deh.



Tapi namanya juga adaptasi. Karena sekarang saya tinggal di kebanyakan orang yang paham mata angin, saya jadi belajar dikit deh. Dibilang sama Mas suami, "Ya gapapa dong belajar dikit-dikit. Biarpun keliatannya jadul kan itu ilmu. Gak ada salahnya belajar," saya tertegun. Iya sih betul juga yak. Padahal arah mata angin buat muslim juga penting lho buat tau di mana kiblat saat sholat. Dan karena menurut saya paling gampang nentuin mata angin patokannya adalah arah matahari, saya jadi mikir, kalau udah familiar nentuin 'di mana' si matahari, mestinya juga bisa sambil belajar tentang 'jam matahari'. Tau dong gunanya buat muslim sebenernya penting lho. Kalau berada di tempat yang gak ada jam dinding atau gak kedengeran adzan, kan bisa tahu kapan saat untuk sholat 5 waktu.

Eh eh, saya nulis gini bukan berarti saya udah paham betul soal arah mata angin. Kalo lagi pergi jauh dari rumah, apalagi mendung dan ditanya, "Barat mana yak?" ya uda pasti akika geleng-geleng :D :D :D

1 komentar:

  1. Daripada hilang arah...ini ada video teaser untuk menghubur kamu:

    https://www.youtube.com/watch?v=yhLqGjPWO2o&feature=youtu.be

    Sariayu Martha Tilaar mendukung acara Indonesia Fashion Week 2015 sudah memasuki tahun ke-4 sebagai Official Make Up & Hair Do para model parade busana IFW 2015.

    fashion.sariayu.com

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template