Monday, August 04, 2014

(mommies journal) Na's Weaning (+ Happy Ied Mubarak & Pendapat soal Susu Anak)

Walaupun telat posting ini, namun karena masih bulan Syawal maka saya mengucapkan Selamat Idul Fitri serta mohon maaf lahir dan batin pada semua yang pernah nengok blog ini ya. Maafkan kalau tulisan saya ada yang kurang berkenan ^_^


Trus saya mau cerita dikit soal Na yang udah berhasil disapih, Rasanya antara senang dan sedih sih. Sedihnya ya karena ada yang 'hilang' lho rasanya, biasanya ada yang nempel di saya eh sekarang udah enggak lagi. Senangnya karena berarti Na uda lebih dewasa dan mandiri dong, horee! Kan Na mau punya dedek lagi.

Gimana ceritanya Na disapih? Sebenernya kebetulan aja sih. Ceritanya sekitar sebelum bulan puasa kemarin Na emang lebih intensif minum susu UHT, soalnya kebutuhan susunya dari ASI udah gak mencukupi lagi. Jadi semakin hari kuantitas susu UHT yang diminum makin meningkat. Sampai kemudian Na hanya menyusu kalau mau tidur malam aja. Terus kadangkala pun Na berhasil tidur dengan cara digendong oleh Nenek atau Mbah Dah-nya. Pertama aja saya rada takjub lho liat Na bisa tidur tanpa nenen. Eh ternyata diayun-ayun di gendongan malah bisa tidur sendiri. Tapi itu sih gak tiap hari. Tetep aja Na masih sering nenen dulu sebelum bobo malam.

Kemudian karena ibu mertua saya berpikir sudah waktunya Na disapih (mengingat hamil saya kan uda sekitar 5 bulan tuh), jadinya makin ke belakang Na diusahain diboboin sambil diayun-ayun digendong gitu, baik tidur siang ataupun malam. Kalau gak ibu ya mbah Dah yang gendongin. Soalnya kalo yang gendong saya Na mah malah gak jadi ngantuk (inget nenen lagi, -red). Ditambah lagi saya emang gak bisa males gendong pake jarik gitu, hihihi. Yang jelas frekuensi Na nenen makin dikurangi.

Sampai kemudian si Mas (suami) saya diopname di Surabaya sehingga saya harus pergi keluar kota selama tiga malam. Na ditinggal di Tuban sama orang tua Mas dengan pertimbangan saya gak bisa merawat Mas dan Na sekaligus dengan kondisi seperti itu. Jadilah deh Na bener-bener tersapih secara otomatis. Lha tinggal jauhan sama saya, mana saya udah stop ASIP semenjak saya resign kerja setahun lalu.

Setelah Mas sembuh dan boleh pulang, maka itulah saya harus berjuang menahan kepedihan hati (ceile maaf lebay bener bahasanya, tapi berasa gitu lho, hehe). Kangen banget dong gak ketemu Na tiga hari. Eh udah gitu pas Na minta nenen harus sekuat tenaga saya tolak, hiks hiks hiks. Berasa jadi emak-emak kejem gue! Hampir tiga malam sesudah saya sampai di rumah saya mewek tiap denger Na nangis (agak rewel) waktu ditidurin sambil digendong ibu mertua saya. Saya sih bayanginnya Na pasti pengennya bobo sambil saya kelonin plus nenen. Apalagi abis ditinggal saya beberapa hari, pasti dia kangen saya dong (GR ya?). Tapi kata Mas, ini memang fase yang cepat atau lambat harus dilewatin, karena semua bayi ada waktunya juga untuk disapih. Apalagi nafsu makan Na membaik semenjak saya tinggal ke Surabaya kemarin. Jadi ada segi positifnya juga buat Na. Akhirnya sejak itu saya belajar deh menguatkan hati setelah itu.

Sekitar beberapa hari setelah itu (kalo gak salah dua hari deh), sepertinya Na udah mulai juga menerima kenyataan kalau dia disapih. Ajaib banget pokoknya! Mendadak saat malam (menjelang jam biasanya dia tidur), Na gak mau lagi ditawarin gendong sama ibu mertua saya. Trus dia ngotot minta masuk ke kamar saya. Guling-guling di kasur sambil rada mewek dikit, trus pegang-pegang badan saya. Kayak orang bingung gitu. Tapi saya tawarin saya gendong di luar kamar juga emoh. Akhirnya saya tawarin lagi sekotak susu UHT. Na minum dan setelah susunya hampir habis, dia tertidur sambil dibelai-belai rambutnya sama Mas. Piuhhh... Saya inget, itu pertama kali saya terharu bisa nidurin Na tanpa gendong dan tanpa nenen!

Sekarang sih Na uda makin biasa tanpa nenen. Palingan kalau lagi ngalem dia minta saya pangku sambil tiduran, trus saya pegangin kotak susunya, sambil minum trus kalau udah abis Na bakal tidur pules deh di pangkuan saya. Setelah pules baru saya tidurin di kasur.

Buat yang belum jadi Ibu atau ngalamin nyapih anak, pasti berasa lebay banget saya ini. Gitu doang kok emaknya ikut mewek sih? Tapi aseli deh, ternyata bener ya menyusui itu bikin bonding kuat antara ibu dan anak. Subhanallah...

Trus buat yang penasaran pendapat saya soal susu bagi anak, saya cerita dikit ah. Tentu saya mengakui bahwa susu terbaik dan tercocok untuk bayi adalah susu ASI ibunya sendiri sampai umur 2 tahun. Kan udah sepaket. Tapi selanjutnya saya memahami ada situasi tertentu yang ternyata membuat seorang ibu harus memberikan susu pengganti untuk anaknya sebelum si anak berusia 2 tahun (c'mon, pembuktian jadi ibu sejati bukan sekedar menyusui saja kok).
Trus di atas 2 tahun? Menurut saya sih susu udah gak jadi minuman wajib lagi selama asupan gizi atau nutrisinya udah didapat dari makanan lain (protein, mineral, kalsium, dll kan gak cuma ada di susu). Makanya saya setuju sama penelitian yang bilang kenapa menyusui disunahkan sampai umur 2 tahun saja, karena pasti ada alasan bahwa di luar umur itu susu bukan lagi makanan pokok anak.
Trus di atas 1 tahun kaya Na? Kenapa saya pilih susu UHT dibanding susu formula (sufor)? Pertama karena saya menganggap susu UHT lebih mendekati susu murni dan proses pengolahannya lebih sedikit ketimbang sufor yang sudah berbentuk bubuk. Kedua karena waktu saya cobain sufor ke Na eh dianya kagak doyan, haha. Itupun untuk alasan pertama tadi sebenernya saya udah mulai ragu karena ternyata proses UHT juga ditengarai merusak beberapa nutrisi susu. Aiiih, pokoknya kalau keseringan baca soal food combining itu bikin makin galau deh soal dunia makanan, hahaha.

Jadi soal susu buat anak, sebenernya sih saya gak pengen menjadikannya sebagai makanan 'dewa' untuk memenuhi nutrisi anak. Soalnya keyakinan hati nurani saya bilang, nutrisi yang baik juga ada di berbagai makanan, seperti buah-buahan, sayur mayur, ikan, daging, kacang-kacangan, dll. Tapi ya gitu, gak mungkin saya gak memberikan susu kepada Na sementara dia tersapih sebelum usia 2 tahun. Ditambah kondisi Na yang masih kurang asupan nutrisinya dari makanan (yup, saya masih punya masalah sama selera makan Na yang super extraordinary) jadi saya memilih memberikan susu UHT sebagai pengganti nutrisi yang kurang.

Panjang ya ceritanya? Anyway, pesen buat Na: maaf ya gak bisa jadi sarjana ASI sampai umur 2 tahun. Ternyata hanya sampai umur 17 bulan saja. Tapi semoga semuanya menjadikanmu lebih baik ya. Cup kecup sayang buat Na.

beberapa hasil jepretan Om Muklas, ck ck ck... ceritanya pose Na lagi duduk-duduk santai

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template