Saturday, December 14, 2013

(mommies journal) Baby's Toilettres yang Asli Kepake

Posting iseng nih. Inget jaman pas hamidun menjelang hari H dimana saya asyik baca artikel-artikel soal "persiapan perawatan bayi baru lahir", yang mana salah satunya menggiring saya ke berbagai merk perawatan kulit bayi serta forum yang berisi kebingungan calon ibu dalam memilih produk skincare bayi, baik jenisnya sampai merknya (dari yang lokal sampai yang impor-yang konon secara komposisinya lebih ramah untuk kulit bayi, dari yang produk umum supermarket sampai yang harus PO dulu dari luar benua sono) walah pokoknya seru abis.

Jujur awalnya saya juga sempet kepengen pake produk luar, yang rata-rata secara komposisi tidak terlalu banyak pewangi, paraben, dll (oh maafkan saya, saya belum ahli soal komposisi produk). Dimana juga produk idaman saya ini adalah merk import yang tentu lebih ribet dan lebih mahal dari segi harga dibanding produk lokal.

Hmm, saya gambarkan gini nih. Misalkan untuk produk lotion Cusson atau Jhonson harganya Rp 10.000~20.000 untuk kemasan 100ml. Nah barang idaman saya (macem Burt's Bee, Californian Baby, ato yang rada common dikit macem Mothercare) mungkin harganya sekitar Rp 100.000~200.000 dengan ukuran sama. Belum lagi saya tidak bisa dengan mudah menemukan produknya di kota kecil begini, kalau pesan online harus PO segala macem. Hadeh.

Itu kesulitan pertama. Belum lagi waktu keluarga dan Mas tau niat saya. Haha, pada bilang, "Walah jaman kita juga pake Cusson, Jhonson atau Zwitsal. Toh kita juga gak masalah ini sampe segede gini. Lagian juga kalo bayinya cakep dikasi bedak murah juga gedenya bakalan cakep."
Bahaha...dan sirnalah impian saya pake produk skincare bayi import buat baby Na.

Ya sudahlah gapapa...(moga sih komposisinya aman buat bayi, kadang masih parno inget forum-forum ibu baru yang hectic).

Ya sudahlah bagus bisa hemat #eh.
Ya sudahlah toh baby Na cakep ini #kecup.

Nah sekarang sih saya cuma mau bagi tingkat importanceh produk skincare buat bayi. Mengingat jaman belum punya bayi pasti sering banget kita mikir semua skincare yang dipajang di rak supermarket bakal dibutuhkan bayi. Ternyata tidak kok, berikut pembagian level urgenitasnya meburut saya.

1. Primer (wajib ada, kata semua sesepuh ini wajib punya)
  • Bedak. Walaupun di bidang medis untuk bayi di bawah setahun tidak direkomendasikan. Tapi ntar bisa geger kalo saya gak punya bedak bayi. (tapi jujur sih, aroma bedak bikin bayi ciumable dan ngangenin)
  • Minyak telon. Buat menghangatkan kulit bayi. Biar gak masuk angin #katanya. (saya masih mikir, bayi bule di benua sono apa iya pake minyak telon juga?)
  • Sabun mandi. Terserah mau yang cair ato batang. Fungsinya, ya buat mandi.
  • Shampoo bayi. Buat keramas.
Uda. Titik.
Minimal 4 benda itu wajib kamu punya kalo kamu punya bayi ato pergi sama bayi. Lainnya? Ada yang pentung sih, tapi ada yang gak wajib. Kalo 4 benda itu wajib.

By the way, trus produk lain masuk kategori mana yah?

2. (bisa jadi) Penting tapi Gak Wajib
  - Tisue basah dan kapas. Buat bersihin mulut atau pantat bayi. Biar bersih tapi tetap praktis buat ibu.
  - Baby Oil. Buat bantu memersihkan kotoran bayi yang sulit dijangkau.
  - Lotion anti nyamuk. Ini buat yang punya tetangga pak Nyamuk.
  - Cairan antiseptik (semacam Dettol). Buat memastikan kebersihan waktu bersihin pipis/ pup bayi.
  - Lotion rambut (yang pake kemiri). Buat sugesti rambut bayi subur, hehe.
  - Lotion bayi. Dioles-oles ke kulit bayi biar makin mulusss.

Nah gitu deh menurut saya. Soal merk, akhirnya saya sih pake campur-campur. Maklum kalo belanja suka labil. Tapi ya gitu, setelah sekian bulan ketauan deh mana yang sering repurchase. Ya, 4 item primer itu. Hehe, bagaimana dengan Anda?

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template