Sunday, December 15, 2013

(mommies journal) housewife: Soal Mencuci

Emak-emak banget deh bahas soal mencuci. Ya, namun sebagai ibu yang gak ada profesional-profesionalnya soal urusan nyuci, saya sedang dalam taraf belajar mencuci yang baik d an benar :D Niatnya pengen kaya di iklan sabun cuci / detergen gitu deh, bisa nyuci dengan wajah tetep cantik, tapi menghasilkan baju bersih, wangi dan rapi trus disayang suami gitu deh :P

Jadi saya mengumpulkan beberapa topik terkait dengan cuci-mencuci ini (this is based my own experience yah).

1. Merendam cucian di air larutan detergen itu penting!
Saya masih inget bener ajaran dari Guru Kimia saya jaman SMA. Kesalahan mencuci yang bikin tangan capek ngucek adalah : baju tidak direndam air detergen lebih dahulu. Main langsung guyur air, sabun trus kucek. Padahal namanya reaksi kimia yang jelas membutuhkan WAKTU. Jadi baju kotor harus direndam dulu dengan air + detergen selama paling sedikit 15 menit. Setelah itu baru deh mulai dikucek. Alasan logikanya : larutan detergen adalah larutan kimia yang akan melarutkan kotoran di baju (kotoran dalam bentuk lemak). Nah, untuk mengikat lemak ini maka air detergen ini membutuhkan waktu untuk membentuk ikatan. Kalau ikatan ini sudah terbentuk, maka dalam kata lain ikatan lemak alias kotoran ini akan luntur jadi saat kita mau nyuci, nguceknya enggak terlalu banyak ngucek secara baju udah 70% bersih.
Hal ini juga berlaku kalau saya lagi nyuci pakai mesin cuci ya (entah manual atau otomatis), saya biasanya sengaja ngerendem dulu baju dalam air sabun baru deh mesin cucinya saya 'pekerjakan.

Tambahan tips : untuk mesin cuci, biarpun saya pake mesin cuci otomatis (yang bukaan atas), saya biasanya encerin bubuk detergen dulu dengan air baru dituang ke dalam mesin cuci. Perkaranya biar gak ada bercak bubuk detergen yang gak tuntas larut dalam air. Bisa bikin 'bercak' di baju soalnya. Okelah maklumi cara tradisional saya ini, padahal udah pake mesin cuci matic tapi masih belum bisa melepaskan mesin cuci tersebut bekerja sendirian :D Oh ya, kalau jaman sekarang sih ada solusi lain cara tradisional saya ini : pakai detergen liquid yang lagi ngetren.

2. Merendam cucian dalam pewangi
Nah buat yang demen baju wangi, biasanya suka ngasih larutan pewangi ke dalam bilasan terakhirnya. Merk ada beragam seperti : Molto, Softener SoKlin, Downy, dll. Tips supaya baju tetap wangi tapi hemat adalah, buat dulu larutan pewanginya (air + pewangi secukupnya), baru deh celupin para baju ke dalamnya. Gak perlu air banyak-banyak asalkan bikin larutannya uda bener sih baju bakalan tetep wangi semua.

Oh ya soal merk pewangi ini saya punya kesan terhadap tiga merk yang saya sebutin tadi. Untuk Molto, saya paling suka waktu merk ini ngeluarin versi sekali bilas-nya. Yah walaupun tetep sih saya dua kali bilas, tapi setidaknya Molto membantu meyakinkan saya bahwa setelah direndam Molto, maka baju saya benar-benar sudah bersih dari sisa detergen (terutama baju bayi). Untuk Softener SoKlin, saya paling suka beli ini karena harganya paling hemat. Cocok kalau baju kita dicucikan orang lain yang tipikal boros dalam pakai pewangi, hehe...bisa tekor soalnya dikasih pewangi biasa sama pewangi konsentrat mereka tetep boros sih! Dan yang terakhir sih saya saat ini lagi demen banget sama si Downy. Soalnya asli beneran wangi banget, saya terkesima :D

Tambahan tips : pakai pewangi+pelembut ini bakalan bikin baju lebih halus dan mudah disetrika loh, walopun kadang pas setrika masih 'gatel' aja buat nyemprotin ulang pakai pelicin hehe.

3. Pisahkan baju sebelum mencuci
Ini yang juga penting tapi kadang males soalnya ribet. Memisahkan pakaian, antara putih sama putih; warna sama warna; perkainan lebar seperti sprei, handuk; khusus underwear; khusus baju bayi; khusus seragam atau baju tebal; dsb dsb. Sebenernya selain mencegah warna luntur, pemisahan cucian ini bikin pakaian lebih awet lho. Karena treatment atau mode pencucian akan berbeda tergantung jenis bahan kain. Tapi biasanya karena malas mode on bikin kita main masupin semua cucian langsung blek ke mesin cuci deh ~_~

4. Kena noda bandel? Langsung rendam dan kucek!
Kalau tiba-tiba baju kena noda yang diestimasikan bakal membandel misal : pisang (iya, ini noda bandel banget), coklat, oli, getah pohon, dll maka sebaiknya baju atau kain cepat dikucek sama sabun atau direndam dahulu apabila susah dikucek. Makin lama membiarkan noda dalam posisi baju kering akan membuat makin susah menghilangkan noda tsb, bahkan bisa jadi nodanya menimbulkan bercak yang gak banget.

Tambahan khusus noda : pakai sabun mandi
Iya, ini resep yang dulu saya pikir rada janggal waktu SMP. Jadi waktu awal-awal baliq dan harus kucek baju sendiri, serta menemukan noda bandel waktu 'bulanan', ternyata ibu dan guru PKK (deuh lupa apa nama pelajarannya, pokoknya pelajaran khusus cewek jaman SMP) bilang kalau sabun mandi batangan (atau nama kecenya : bar soap) ampuh buat hilangin noda bandel. Jadi biasanya saya beli bar soap yang murah-murah aja (pan ada tuh yang Rp 1.000-1.500an), khusus buat kucek-mengkucek ini. And it's work, bahkan menangani noda pup si baby Na :D (by the way saya masih mikir kenapa sabun manusia lebih ampuh buat ngilangin noda kain ya? Soalnya pas itu saya mikir kan komposisi sabun untuk badan pasti lebih mild daripada detergen, tapi kok lebih mujarab? Entaran deh saya gugling dulu)

Nah itu sharing pengalaman dari saya. Sementara baru inget itu aja sih...semoga membantu!

4 komentar:

  1. kalo ortuku lebih ekstrim lagi, noda bandel di baju putih diilangin pake vixal, hehe.. ampuh sih tapi lama2 bisa merusak baju

    ReplyDelete
  2. Sgt membantu, apalagi untuk anak yg btu masuk asrama/kos. Terima kasih :D

    ReplyDelete
  3. percaya gak sih kalau sekarang mencuci baju hanya butuh dana Rp30/baju, wah hemat sekali bukan? ayo gan buat bisnis laundry anda semakin berkualitas dan raih untung sebanyak-banyaknya dengan detergent laundry premium STARKLEEN.
    fast order 081216709070 kunjungi website kami di wwww.laundryplasa.com

    ReplyDelete
  4. http://javasaromachem.com/ menyediakan berbagai :
    • Parfum laundry & industry, body parfum, koleksi parfum ritual dan micro parfum
    • Aneka bahan kimia
    • Aneka produk sanitasi
    • Pewangi Laundry Murah
    • Solvant & metanol 99,98% murah
    • Aneka formulasi resep industry umum & kosmetik grade
    • Aneka botol & gelas ukur
    • Aneka pestisida tanaman & pertanian
    Produk kami dijamin murah dan berkualitas, kami telah menjadi agen terpercaya ratusan laundry di Yogyakarta.

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template