Friday, May 01, 2020

(mommies journal) Terserang Mastitis

**) emak-emak only, 

Yaaa, gak ngelarang selain emak-emak baca juga sih, tapi ini emang bahas soal ibu menyusui...

Saya pernah baca soal mastitis, yaitu peradangan yang biasanya dialami ibu menyusui. Katanya ada yang berasa sakit bener, ada yang gak terlalu. Sementara pengalaman saya dua kali nyusuin anak, saya belum pernah merasakan yang sakit gitu. Palingan ya terlalu penuh atau kaku karena supply berlebih sementara demand kurang. Biasanya terjadi kalau uda sering pumping tapi terus lagi males pumping, jadi jadwal produksi ASI kan berantakan tuh ya. Seingat saya, kok belum sampe yang merasa gimana gitu... sementara pernah ada yang nyeletuk ke saya gara-gara saya telat pumping, gini kata beliau, "Jangan kelupaan atau telat lho mba, kalau kepenuhan gitu bisa adem-panas nanti!" Saya pikir mungkin maksudnya adem-panas itu gara-gara perasaan tidak nyaman PD kaku akibat penuh. Eh ternyata saya baru merasakan rasanya adem-panas itu kemarin! 

baju tidur yang udah berumur 7 tahun pemirsah 


Jadi gejala yang saya alami, waktu itu PD sebelah kanan berasa aneh. Kaya kram, penuh tapi ga kaku. Cuma seperti ada yang ngeradang di dalam, gimana ya jelasinnya. Ga nyaman pokoknya. Trus kepala saya pusing banget rasanya. Kebetulan pula pas saya begadang ngerjain worksheet buat TK, saya kira saya sakit demam karena kecapean, jadi saya minum obat paracetamol yang biasa saya minum kalau kena demam pusing model gini. Eh diminum 2 kali gak mempan, terus saya jadi mikir lagi, "Saya sakit apaan ya?"

Mana lagi pandemi gini, jadi malas kan ke faskes atau dokter, serasa parno nanti malah kalau ke tempat umum... Jadi saya pikir saya harus minum obat radang untuk menghilangkan penyakit saya ini. Dan saya pun memilih obat radang yang sekiranya aman (hehe, jangan ditiru ya, merk dan jenis obat ga saya cantumkan, takut ada yang niru...saran saya, better nanya ke dokter langganan atau teman dokter aja ya kalau ada yang sakit serupa).

Alhamdulillah kok obatnya cocok, Dan setelah sehari minum 3 kali, sakit saya mereda. PD sebelah yang berasa sakit tadi berangsur reda, bersamaan dengan pusing kliyengan yang saya alami. Besoknya saya mulai normal setelah hampir setengah hari saya cuma pengen berbaring aja di kasur. 

Moral of the story, buat busui, penting banget deh merhatikan ritme menyusui, pumping (buat yang menjalani), juga kapasitas masing-masing PD agar seimbang. Dan kalau ada gejala mirip saya, kemungkinan memang ya si mastitis ini! Oh ya, bayi juga berperan membantu penyembuhan mastitis anda lho! Makin seiring menyusui juga ikut membantu proses penyembuhan...

Walaupun begitu, jangan patah hati menyusui ya...karena setiap tetes ASI amat berharga bagi bayi anda. Tetap semangat, dan jaga kesehatan selalu!




0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template