Wednesday, November 23, 2016

(moomies journal) DIY Playdoh dari Terigu

Beberapa waktu lalu si Na dapat sekotak playdoh dari sekolahnya, dan dia seneng banget mainin playdoh-nya.


Terus saya mikir, kasian juga ya cuma dapat sekotak doang, pasti si Na kurang puas mainnya. Pengen beliin tapi kok sayang harganya mahal (ukuran saya) hehehe, #emakirit. Lalu saya keinget jaman dulu pernah bikin playdoh sendiri dari tepung terigu. Ya udah deh saya pun berniat bikin lagi. Berikut nih campuran adonan (dough)-nya :
   1 gelas tepung terigu
   1/3 gelas garam (kalau ada sih garam halus)
   1 sdm minyak goreng
   1/3 gelas air
   pewarna makanan secukupnya

Jadi pertamanya campur tepung terigu dan garam, aduk rata. Lalu campur air, minyak dan pewarna di dalam gelas, kemudian tuang 'larutan' tersebut ke tepung terigu tadi. Uleni terus sampai warnanya rata dan kekenyalannya cukup. Kalau misalkan dirasa kurang kenyal bisa ditambah minyak atau airnya, kalau berasa keenceran silahkan ditambah tepung terigunya.

Ini dia hasil punya saya,
gimana bagus atau jelek? wkwkwkwk...

Membuat adonan ini cukup memerlukan waktu 5 menit dan kebetulan bahannya ada di dapur semua. Sebenernya sih saya pernah baca beberapa resep lain yang  bahannya agak beda gitu, tapi saya pilih ini karena yang ada di dapur semua ya yang ini. Selain itu biaya semua materialnya bahkan gak sampe Rp 3.000,  

Selain murah meriah, kelebihan playdoh buatan sendiri sih udah pasti kemananannya kalau tertelan, hihihi secara isinya terigu, garam, minyak sama air. Lha kalau ketelen sih kayanya bakal di-lepeh juga sama si bocah soalnya rasanya asiiin, hihihi.

Nah, buat saya sih yang penting hasil akhirnya. Anak-anak semua suka, hehehe. Pada sibuk mainan ini. Na pakai adonan ini buat masak, dan si Ka ikut-ikutan deh kakaknya.







Betewe, masih ada yang berpikir masak-masakan itu cuma mainan untuk anak perempuan? jangan ketinggalan zaman ya buibu, masih inget kan kebanyakan master chef itu malah cowok-cowok lho. Dan silahkan diperiksa, mereka semua macho kok. Makanya saya gak pernah ngomelin si Ka kalau dia iseng ikut mainan masak-masakan. Siapa tahu, minimal dia jadi lebih menghargai asal makanan yang dia makan. Lagipula Ka juga punya banyak hobi maskulin lainnya kok hehehe...bukan masak-masakan doang.

Kapan-kapan saya pengen bikin playdoh yang warna lain deh, haha warna oren mlulu abis di dapur adanya ini. Oh ya, urusan  playdoh ini mas Suami paling jago bikin bentuk aneh-aneh, bisa bikin bentuk hewan juga. Katanya sih pas kecil jago mainan embel-embel tanah lempung. Hahahaaa, hayooo pada inget gak masa kecil dulu mainan beginian tapi pakai tanah liat. Wkwkwkw... mainan jaman dulu mah ga ada urusan safety dari segi bahan ya. 










0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template