Thursday, November 24, 2016

(academic's diary) Basic Cost Term & Concepts

Cost Behaviour adalah perilaku biaya terhadap aktivitas.
Ada dua macam biaya berdasarkan sifatnya, yaitu :
1. Fixed Cost - biaya yang jumlahnya tetap, tidak berubah
2. Variable Cost - biaya yang besarnya berubah-ubah mengikuti aktivitas produksi
kedua jenis biaya ini perlu diperhatikan agar bisa di-reduce.

Untuk itu diperlukan pengidentifikasian Cost Driver sebagai pencetus muculnya biaya.
Namun ada pula Uncontrollable Cost - biaya yang tak dapat dikendalikan.
seperti contoh : Adanya iklan nasional pada suatu produk yang harus diterapkan oleh semua kantor cabang. Maka biaya iklan ini harus dikeluarkan oleh setiap kantor cabang, dan menjadi uncontrollable cost.

Dalam suatu kegiatan produksi, terdapat manufacturing cost, yaitu biaya yang terbebankan ke suatu produk. Manufacturing Cost ini terdiri dari 3 macam, yaitu :
  1. Direct Material - Bahan baku yang digunakan dalam produksi. Cara mudah membedakan bahan baku langsung dengan tidak langsung adalah dapatnya bahan tersebut ditelusuri langsung dari produknya. 
  2. Direct Labor - Biaya gaji dan tunjangan karyawan yang bekerja langsung untuk produk (sebagai contoh di sini adalah gaji operator produksi)
  3. Manufacturing Overhead- semua biaya lain di manufaktur tapi masih melekat di produk. Contohnya adalah indirect material (lubricant untuk mesin produksi), indirect labor (biaya gaji karyawan maintenance, karyawan PPIC dan QC), other cost (depresiasi fasilitas produksi, pajak properti, asuransi, dll)
Di luar manufacturing cost masih ada lagi biaya terkait dengan keuntungan pendapatan atas penjualan produk, yaitu biaya Selling & Administration cost.


*) ada perbedaan term pada kalimat cost dan expense.
Untuk term cost biasanya akan identik dengan 'pengorbanan' (pengeluaran biaya) untuk sesuatu yang memiliki hasil dan nilai (menjadi aset, produk, dll)
Sedangkan untuk term expense biasanya identik dengan 'pengorbanan' (pengeluaran biaya) yang hilang tapi harus tetap dikeluarkan (misalnya biaya iklan produk)

Apabila digambarkan letak komponen biaya tersebut, maka dapat digambarkan secara mudah sebagai berikut,


Note : tulisan berasal dari catatan pribadi penulis saat mengikuti mata kuliah Manajemen Investasi dan Biaya. 




0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template