Sunday, January 10, 2016

(book pick) Resensi #08 : Seratus Tokoh yang Berpengaruh dalam Sejarah

Judul Buku : SERATUS TOKOH YANG BERPENGARUH DALAM SEJARAH
Penulis : Michael H. Hart
Penerjemah : H. Mahbub Junaidi
Penerbit : PT. Dunia Pustaka Jaya
Cetakan ke-11 : 2001
ISBN: 979-419-193-0
Tebal 515 halaman


Buku ini adalah salah satu hadiah dari Om saya, entah lupa umur berapa ya waktu itu... Tapi yang jelas sejak punya buku ini saya jadi suka sekali mengoleksi buku, berburu buku bagus (biarpun sering nyari yang diskonan - maklum dulu mahasiswa kost hehe) lalu dikumpulkan di rak. Hehe, puas sekali kalau bisa belanja banyak buku apalagi dengan harga yang murah kala itu.

Nah kembali ke buku ini, Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. Disusun oleh Michael H. Hart, terdapat daftar 100 tokoh penting dunia beserta sedikit biografi singkat mereka. Hehe tentunya bikin saya betah bacanya karena jaman sekolah saya paling suka pelajaran Sejarah. Baca buku ini jadi serasa membaca sejarah juga. 

 

Berbagai jenis profesi ada dalam 100 tokoh penting. Mulai dari tokoh keagamaan (dan menjadi urutan pertama yaitu Nabi kita Rasulullah SAW), ilmuwan seperti Isaac Newton, filsuf (mulai dari Aristoteles sampai Plato), penguasa seperti Alexander Agung dan Julius Caesar, tokoh politik, seniman, penjelajah dunia dan banyak lagi yang bahkan sebelumnya saya belum tahu namanya, hehehe. 

Membaca buku ini sangat menambah wawasan saya kala itu yang masih duduk di bangku SMA. Mempelajari bagaimana sih hidup para tokoh, apa yang mereka lakukan semasa hidup serta efek kehadiran mereka di dunia bahkan ratusan tahun setelah mereka sudah wafat.

Menurut saya, buku ini layak dibaca semua kalangan, terutama generasi muda supaya lebih bergairah mencapai apa yang mereka cita-citakan...siapa tahu mereka suatu saat juga jadi tokoh penting bukan? 

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template