Thursday, November 05, 2015

(random note) Selamat Jalan Pak Raden

Selamat Jalan pak Raden

Innalillahi wa Inna Ilaihi Ro'jiun,
Beberapa hari lalu saya liat di tv mengenai berita wafatnya pencipta tokoh Si Unyil dkk, drs. Suyadi alias pak Raden. Aih, saya trenyuh, karena teringat baru sekitar beberapa hari sebelumnya pemeran tokoh pak Raden ini baru saja menerima hadiah rumah dari salah satu stasiun TV nasional. Menurut beritanya sih, di Jakarta pak Raden ini belum memiliki rumah sendiri.

*) Sekilas tentang Si Unyil (wikipedia)
Si Unyil adalah film seri televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI dimulai pada tanggal 5 April 1981 sampai 1993, Minggu pagi di stasiun RCTI dimulai pada tanggal 21 April 2002 hingga awal 2003 dan berpindah ke TPI pada medio 2003 hingga akhir 2003 setiap Minggu pukul 16.30 WIB sebelum program berita Lintas 5. Si Unyil ini diciptakan oleh Suyadi.



Tentu saya trenyuh membayangkan, seorang seniman yang sudah memberikan inspirasi anak-anak melalui film Si Unyil ternyata hidupnya tidak berkecukupan seperti artis lain. Tidak semewah kehidupan artis yang berakting di sinetron yang mungkin gak bermutu atau penyanyi yang berjoged seronok (pernah dengar sih bahkan ada salah satu tv swastam membayar royalti pada beliau atas penggunaan tokoh Si Unyil di salah satu acaranya). Padahal serial Si Unyil menurut saya salah satu serial anak yang berisi banyak nilai-nilai moral positif. Melalui tokoh Unyil, pak Ogah, bu Bariyah, Meilani, Ucrit, Usro, dll ditampilkan bagaimana kehidupan yang cukup merepresentasikan dunia anak kecil di Indonesia, disertai cerita lucu khas anak-anak dan dengan latar budaya khas suku-suku negeri ini seperti Betawi, Jawa, Sunda, dll. Singkatnya, menurut saya sih Si Unyil salah satu serial bermutu asli Indonesia lah ya (hehehe, ceritanya sih sampe gede saya tetap menjadi penggemar serial boneka ini lho, meskipun udah gak tayang lagi).





Saya memang tidak terlalu mengetahui tentang sosok pak Raden ini. Yang saya tau beliau adalah seorang seniman hebat yang mampu menyentuh hati anak-anak lewat serial Si Unyil, seorang yang pintar mendongeng sekaligus menggambar untuk anak-anak (pas saya kecil saya amazing bener ngeliat beliau bisa menggambar secepat dongeng yang diceritakan hehe). Sebagai salah satu penggemar serial Si Unyil, tentu saya merasa kehilangan. Selamat jalan pak Raden, semoga kebaikan dan keikhlasan anda menciptakan inspirasi untuk anak-anak diterima Allah SWT dan selalu dikenang, Amiiin!


0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template