Saturday, November 07, 2015

(random note) Hanya Teringat...

Saya teringat beberapa hari yang lalu, sewaktu saya dan keluarga berkunjung ke Kebun Bibit Surabaya dan lagi asik-asiknya duduk sambil nungguin si Na ngasih makan rusa, mendadak saya dihampiri rasa jengkel. Gara-garanya (lagi-lagi) saya melihat ada seorang pria yang asik mengepulkan asap rokoknya. Herrr.... Padahal jelas-jelas di sekitar dia banyak rombongan keluarga yang sedang piknik juga, yang berarti notabene di sekitarnya ada banyak anak kecil (mungkin anaknya sendiri juga). Dan gak hanya ada satu pria yang merokok, tapi ada juga yang lain. Aduuuh...

Masa gak paham sih kalau asap rokok gak baik untuk orang lain apalagi di tempat umum yang banyak anak kecil? Gak tahu atau pura-pura gak tahu ya?

Aih, trus saya mikir lagi...

Yah boro-boro mikirin kesehatan orang lain, 'ngasih' asap ke anak sendiri aja tega. Padahal ketimbang dibakar untuk rokok, sepertinya uangnya lebih baik untuk belanja ikan, daging, susu dll aja...atau beliin baju istri aja deh!

Sampe saya punya imajinasi, saya nyaru deh jadi petugas Satpol PP dan ngerazia orang-orang yang ngerokok sembarangan di tempat umum. Kayaknya bakal dapat 'uang tilang' banyak ya?

Trus saya ngeliat sebuah tempat sampah... eh mendadak saya keinget pengalaman jaman lairan si Na. Di mana abis lairan saya rawat inap di kamar yang isinya dua pasien, sama-sama ibu habis melahirkan. Bukannya berbagi cerita, yang keinget sampe sekarang adalah kejadian saat berbagi kamar mandi. Di mana si ibu itu membuang pembalut maternity-nya sembarangan, asal buang tanpa dilipat dan dibungkus kertas terlebih dahulu! Kebayang dong ada pembalut panjang dan kotor yang selalu nyangkut di tutup tempat sampah? Jangan tanya betapa dongkolnya saya.

Ah, tapi mungkin lebih dongkol lagi si mbak cleaning service yang bagian mbuang sampah setiap hari ya. Sudah berkutat dengan pekerjaan yang banyak, masih juga ditambah mbenahin sampah yang dibuang ngawur.
Ah entahlah...padahal di atas tempat sampah pembalut pun jelas-jelas tercantum stiker tentang cara membuang sampah pembalut wanita. Oke, anggap saja si ibu tadi gak bisa baca, atau sangat sibuk sehingga gak sempat baca.

Pikiran saya melayang lagi...teringat orang-orang yang dengan enaknya melempat kantong plastik besar berisi sampah ke sungai atau kali.
Ah, ngomongin lingkungan gak ada habisnya. Malah kadang bikin pikiran capek sendiri (tapi tetep aja ngedumel di sini).

Hmm, ngomong-ngomong...cuaca malam ini rasanya panas sekali. Bagaimana ya kabar saudara kita yang rumahnya terkena kabut asap? Semoga kita masih menjadi orang yang bersyukur, dan semoga cepat hujan di sana, supaya kabut asap segera pergi...wuzzz!

Dan semoga, saat sudah musim penghujan nanti, tidak ada saudara kita di daerah lain yang terkena banjir.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template