Tuesday, March 10, 2020

(our family story) Cerita Lahirnya Asha

Setiap ibu selalu punya kenangan unik saat melahirkan anak-anaknya. Entah berapapun anaknya, pasti akan ada hal yang berbeda.

Kali ini izinkan saya mengingat tentang kelahiran anak ketiga saya, seorang putri manis yang kemudian saya panggil Asha.

Jadi setelah proses hamil yang rasanya kali ini panjaaaang (karena saya melewati fase mabok berat, mual banget, sampe melewati fase sakit panjang selama hampir 4 minggu -baca postingan sebelumnya) maka akhirnya datanglah bulan dimana diprediksi si baby akan lahir, yaitu bulan Agustus. Wuuu, kata dokter HPL sekitar 16 Agustus, trus saya mbatin, "Aih genepin 17 Agustus aja apa ya, bareng hari Proklamasi Kemerdekaan, hehehe..." Walau tetep aja secara fisik pengen bilang juga, "Ayo cepet lahir dong, pinggang uda encok nih," tapi ada juga sisi pikiran bilang, "Aduh, tapi kalau uda lairan, siap-siap dong melekan dan endesbre-endesbre sampai selapan (40 hari, -red.)"

Why saya ngomong endesbre? karena saya ini manut sama beberapa tradisi penting yang menurut ortu sama suami bisa diterapkan, misalnya tidur kaki lurus, pake korset berikut gurita dan stagen, ga tidur siang nunggu adzan Dhuhur, hehehe... Jadi sempat kebayang, aduh, masa-masa selapan ini sungguh berat sodarah!

Sedangkan bapak saya malah asyik dah bilangnya, "Tar kalau lahir beneran tanggal 17 gampang tuh, dikasi nama Agustina Merdekawati," hueheheheee...

Nah kemudian akhirnya di bulan Agustus itu ada Idul Adha, uda tanggal 11 nih, batin saya. Masih jauh lahiran, masih seminggu jadi saya belum ngisi tas bayi yang harus digiring ke RS sebelum lahiran itu. Masih santuy. Dan saya sholat Ied sama keluarga, juga ikut lihat proses penyembelihan sapi kurban di rumah mertua. Bahkan ikut bantu iris-iris daging karena kebetulan jumlah personil yang bantuin kurang. Okesip, sampe di situ pas sore saya mulai merasa capek di pinggang. Tapi pikir saya, "Ah, palingan tadi siang sih kelamaan bantuin iris daging," jadi saya pakai tidur aja banyakan malamnya. Pas jam tengah malah, eh kerasa mules. Ga enak bener deh mulesnya, saya sampai beberapa kali ke toilet. Kata mertua yang lihat saya ke toilet, "Apa uda berasa mules gitu ta?" Saya sih bilang uda mulai berasa tapi belum yakin. Sampai akhirnya pas Subuh keluar deh flek kecoklatan. Suami langsung reflek, "Kamu tiap mau  lahiran pasti ada flek coklat, udah ayo siap-siap berangkat aja... aku hafal kok jaman Atha, Akha juga gitu!" eh saya yang malah lupa-lupa ingat, dia yang ingat. Akhirnya saya sholat, sarapan (penting bener, saya tetep ngerasa kelaparan pas itu, jadi pas gejala mules berhenti, saya cepet-cepet ambil nasi dan lauk trus makan!) Jam 6-an saya menuju RS sama suami, anak-anak dititipkan mertua dulu.

Sampai RS makin mules lagi, tapi saya cuma meringis tiap mules, masih ketahan lah. Diperiksa bidan jaga, katanya bukaan 4. Wow. Saya gak nyangka, cuma mbatin, "Aduh, siap-siap nih lahiran hari ini," Saya segera WA adik saya nitip minta disiapin perabot kelahiran (haha, kakak kurang asyem ya gini ini, lairan kagak nyiapin perabot sendiri). Jadi tas persiapan lahiran dikirim dari rumah orang tua saya. Selanjutnua suami urus administrasi dan pesan kamar, lalu saya masuk ruang bersalin.

Perawat mulai menyiap-nyiapkan obat, alat-alat buat melahirkan. Beberapa menit, saya kembali kontraksi. Tapi masih kuat, cuma meringis saat kontraksi. Ditungguin gantian ibu mertua sama suami. Petugas RS datang, kasih saya menu sarapan. Sebagai konsumen yang baik, saya pun makan (lagi). Hehehe, duh bro, menurut saya ngeden lairan butuh tenaga gede soalnya, jadi saya prepare mending saya makan deh mumpung belum datang gelombang kontraksi yang besar lagi (mitigasi kontraksi ala saya, hihi). Setelah sarapan habis, saya masih sempat pegang-pegang hp buat hiburan. Sampai kemudian datanglah gelombang sakit yang sangaaat berat. Aduh! teriak saya kaget. Bener-bener sakit, saya cuma bisa miring kiri. Diperiksa bidan, katanya uda bukaan 7. Suami langsung bilang, "Wah bentar lagi Dek, kamu kalo uda bukaan 7 ntar cepet ke bukaan 10," sambil nenangin saya. (Bagian ini pun saya lupa, kalau jarak bukaan 7 ke 10 dekat, eh ternyata dia yang ingat). Beliau lalu nyalakan murottal dan terdiam (mungkin berdoa juga, sama-sama deg-degan harap-harap cemas wajahnya).

Dan datanglah sakit yang bener-bener parah, sampai saat bidan meminta saya geser dari tidur menyampin pindah ke telentang, saya merasa menggeser perut amatlah sangat berat. HP yang semula di tangan bahkan saya jatuhkan karena rasa sakit yang teramat dahsyat untuk saya. Tim perawat dan dokter spog juga sudah datang (pak Dokternya ternyata dari tadi nunggu dari ruang kontrol, nunggu aba-aba bukaan 9-10 baru masuk). Lantas para tim mulai memberi aba-aba saya ambil nafas, tarik nafas dan ngeden. Wis mbuh lah saya gak ingat detailnya, cuma inget itu sakiiiiiiiiiiiiiit banget (saya bingung lho mau kasi 'i' berapa banyak ini sebenernya). Waktu terasa terhenti, tapi pandangan saya gak bisa lepas dari jam dinding yang ada di ruang bersalin. Pokoknya terasa mengambang gitu jiwa saya, perasaan bercampur aduk.


Sampai rapat jam 09.20, setelah tarikan yang luar biasa yang mampu saya lakukan, atas izin Allah lahirlah putri saya, anak ketiga yang saya beri nama Fatiha Rizqy Ashana Widodo, yang berarti "wanita pembuka rizky yang lembut dan mandiri" yang menjadi nama dan sekaligus doa untuknya. Rizqy yang saya tanamkan di sini adalah apapun anugerah dari Allah, bukan hanya materi saja, tapi apapun karunia yang diberikan yang Kuasa.

Dan legaaa sangat setelah melahirkan. Bayi ditimbang, diukur, dan saya melalui satu proses lagi (OMG) yaitu di-ja-hit. Aduh, proses ini pun memakan waktu hampir 1 jam. Eh salah ding, gak cuma dijahit, tapi juga pembersihan rahim. Jadi agak ribet karena pas Asha lahir, ari-arinya nggak keluar bareng, jadi saya harus mengalami fase mules-ngeden sekali lagi. Tapi jelas lebih ringan ya, dibandingin ngeluarin bayi, hehe, hanya tetap saja saya jadi belum bisa istirahat.

Setelah rahim saya dipastikan bersih, baru saya dijahit, sambil IMD bayi. Dan lucunya, dari ketiga newborn anak-anak, baru si Asha yang langsung bisa menyusu! Kakak-kakaknya dulu malah ketiduran, eh dia malah langsung nyusu (bukannya pas di perut uda dikirim Bunda sarapan 2 kali ya Nak?)

Setelah Asha dipakaikan selimut bayi, selanjutnya Ayahnya segera mengadzaninya, dan keluarga saya masuk, mulai dari orang tua saya, mertua saya, serta kakak-kakak Asha semua lihat dedek bayinya.

Dan itulah sedikit kisah tentang kelahiranmu Nak! Alhamdulilah, Ayah dan Bunda bersyukur kamu terlahir sehat, tidak kekurangan apapun. Jadilah anak yang sesuai dengan doa kami!



gambar saya ambil dari IG, kadung file foto newborn kepindah dari HP sih...


*) ditulis saat bayiAsha sekarang berumur 7 bulan, uda bisa tengkurep dan muter-muter sambil tengkurep.
**) terima kasih untuk keluarga yang mendukung saya selama proses melahirkan, juga dr. Arthur Siregar yang walaupun uda senior banget tapi sabarnya dan telatennya beliau dalam membantu, serta sugesti supaya seorang ibu tetap tenang melewati fase ini. Tim perawat dan bidan RS Aisyiyah yang profesional banget, kerjanya teliti dan cepat.

Teruntuk juga pak Suami, salam hormat dan cinta saya yang abadi, setia mendampingi setiap proses melahirkan, menjaga dan mendidik semua anak-anak, sampai detik ini.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template