Sunday, September 08, 2019

(mommies journal) Impaksi Gigi dan Impact-nya

Saat hamil saya di sekitar bulan keenam atau ketujuh, saya pernah mengalami hal yang anomali. Badan saya demam sampai suhu 39°C (kok tau? iya sejak punya anak saya selalu punya yang namanya termometer, ga pernah absen, soalnya sekali saya lupa ga punya termometer ~punya sih pas itu yang lama rusak dan lupa beli penggantinya~ diomelin pakSu, hehe). Jadi malam itu saya berasa meriang banget dan harus minum parcet. 
Setelah minum parcet suhu saya turun, tapi anehnya, badan saya masih ga karuan rasanya. Dan 5-6 jam kemudian, suhu tubuh saya kembali lagi ke angka 39°C. Begitu terus sampai 2 hari dan akhirnya suami mengajak saya ambil rujukan ke klinik untuk periksa ke dokter spesialis (prosedur kantor pakSu ini). 

Akhirnya saya periksa ke RS Husada Utama, dengan dokter Heru Sppd. Beliau cukup senior lho disini. Dengan kondisi saya yang demam, saya didiagnosa terkena infeksi jadi saya diresepkan antibiotik dan parcet (again). Dengan catatan kalau 2-3 hari masih demam disarankan kembali lagi ke RS. Beliau bahkan memberikan nomer WA ke suami saya supaya memudahkan komunikasi apabila terjadi masalah dengan penyakit saya.

Dua hari berlalu dan kondisi saya nggak membaik. Badan saya berasa remuk karena suhu badan naik dan turun terus. Efek samping paracetamol pun terjadi ke saya, setiap saya minum parcet, maka badan saya akan berkeringat dingin sampai baju saya basah semua (bener deh, saya harus selalu ganti baju setiap ingin 'menurunkan' suhu tubuh). Dan itu saya ingat betul prosesnya menyiksa sekali saat perubahan suhu tubuh. Puncaknya saat Sabtu malam, masih terjadi juga naik-turun suhu tubuh. Suami bertanya ke dokter dan saya disarankan rawat inap untuk memudahkan observasi.

Karena dua bocah masih tidur pulas, saya titip pesan ke ibu pemilik rumah kontrakan saya (sebelahan) untuk menjaga anak-anak semisal mereka menangis atau mencari saya. Saya menyiapkan tas pakaian dan berangkat dengan suami. Sampai di RS saya dipasang infus dan diambil sampel darah di IGD sambil suami mengurus administrasi. 




Singkat cerita saya akhirnya dapat kamar juga. Lumayan menunggu pemilihan kamar karena asuransi kantor suami mengcover penyakit tetapi tidak mengcover komplikasi kehamilan. Sementara saya juga bingung, sakit yang saya derita ini karena hamil atau tidak? kan saya juga gak tahu. Namun Alhamdulillahnya kartu tetap bisa dipakai, bahkan saya tetap dapat 'jatah' kamar di lantai khusus ibu hamil (sesuai SOP RS HU, mereka melarang ibu hamil satu area dengan penyakit lain, harus terpisah di lantai khusus bumil). Surprisingly juga, biarpun tertulis kamar kelas 2, ternyata dapat kamar kelas 1 RS HU jadi sekamar 1 orang. Batin saya, bisa lebih lega istirahatnya karena sendirian saja di kamar...

Sesanpainya di kamar rawat inap, saya meminta pakSu pulang saja dan menjaga anak-anak. Ya begitulah, namanya ibu, biarpun meriang tetep kepikiran bocah-bocah ya. Dan saya mendapat suntikan skin-test dari suster. Sedihnya, hiks, obat yang cocok di saya itu yang harganya mihil (sekian ratus ribu per suntikan). Mer*penem. Buat emak misqueen ini membuat jiwa meronta ngebayangin bill RS nanti (tuh kan namanya ibu-ibu, biarpun meriang ya tetep mikirin duit juga). Dan setelah pemilihan obat saya pun menjalani perawatan di RS.

Esoknya hasil cek lab darah saya keluar. Dan yang membuat dokter heran adalah karena saya negatif dari thypus, demam berdarah dan ISK. Terus saya sakit apa dong? Sementara suhu tubuh saya masih naik-turun seperti di rumah kemarin. Walaupun bedanya kalau di RS saat suhu naik saya harus pasang suhu AC agak naik juga, dan saat suhu badan saya mendingin, saya pasang suhu AC lebih rendah. Karena keringat saya banjir saat 'pendinginan', maka suster selalu memberikan cadangan baju seragam pasien RS lebih dari jumlah biasanya hehe... (btw soal seragam pasien RS, enak juga lho rawat inap di RS yang memberi fasilitas seragam, ini ngurangin banget beban keluarga pasien buat nyuci/antar jemput baju pasien kan?) 


credit to : keluargamulyana.wordpress.com


Paginya kemudian pakSu dan anak-anak datang. Anak-anak pada excited liat saya diinfus. Mereka pada ngobrol sendiri, sibuk nebak tadi malam gimana cara saya yang semula di rumah bisa ada di RS saat mereka bangun. Kata mereka, "Bunda ke sini naik ambulance yaa?" (bayangin kaya di film kali ya). Dan mereka nanya, "Kok Bunda infusnya gak dikasih kayu kayak dulu Atha sama Akha diinfus?" Ya kaleee nak, Bunda tangannya gerak-gerak ga jelas kaya bocah sampe harus dikasih bantalan kayu *tepokjidat wis...

Siang itu, Kung dan Uti dari Tuban menjemput mereka. Ya, sekian hari saya terpisah dari anak-anak, hiks hiks... Dengan pertimbangan ayah mereka besok Senin sudah harus masuk kantor, sementara kalau anak-anak ada di RS akan menyulitkan saya yang di posisi lemes ini harus sambil nyuapin atau antar mereka ke toilet. Beneran deh kalau dibandingin pas lagi strong gini rasanya amaze inget saya pas sakit yang berasa ga kuat ngapa-ngapain... padahal sebenernya ruangannya luas dan muat banget dipake sama mereka main atau tidur. Tapi ya gitu keluarga besar kasihan kalau di posisi sakit saya diberi 'beban' merawat 2 anak kecil, jadi deh mereka dibawa pulang ke rumah mertua saya. Sementara ibu saya datang dari Bojonegoro supaya bisa nungguin saya di RS, beliau gak tega liat saya lemes, soalnya sih sepengetahuan ibu, saya juaraaang banget sakit yang gimana gitu. Mana kondisi saya hamil pula.

Esok paginya saat visite, dr Heru menanyakan apakah saya sakit gigi? pertanyaan yang tidak saya duga karena saya memang merasa ga ada keluhan berarti pada gigi saya, kecuali...errr emang agak ada yang ngganjel gitu deh di geraham ~nah lo, diingetin baru nyadar ada yang gak beres khan. Dan setelah saya direkomendasikan ke dokter gigi dan difoto, ternyata benar gigi saya impaksi. Apa itu impaksi?

Suatu kondisi saat gigi gagal untuk tumbuh sepenuhnya (menembus) dari gusi.
Gigi yang tidak dapat keluar sepenuhnya (tumbuh miring) terjadi karena gigi tumbuh berdempetan atau kurangnya ruang di tulang. Geraham ketiga (gigi bungsu), khususnya di raham bawah, adalah yang terakhir keluar dan lebih mungkin tumbuh miring.


Yaaa, gambarannya semacam itu lah. Kondisi ini bisa menimbulkan infeksi bakteri dan peradangan syaraf. Itulah yang membuat demam tinggi yang tak kunjung hilang di tubuh saya. 

Apakah dengan ditemukannya penyebab demam saya lantas saya langsung sembuh? ternyata tidak semudah itu Ferguso... Drg menitahkan supaya demam saya hilang 2x24 jam setelah itu gigi saya yang bermasalah akan dicabut. Sementara ambang waktu asuransi saya terhadap suntikan antibiotik saya yang mihil itu akhirnya habis dan tagihan sisanya harus kami bayar mandiri.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya meminta pulang dan dirawat jalan saja. Dr Sppd agak khawatir dengan keputusan saya namun akhirnya memperbolehkan. Saya diberi bekal pulang Amoxilin Tryhidrate dan Paracetamol segebok plastik beserta jadwal kontrol ke 3 dokter sekaligus (Sppd, Spog dan Drg). Oke sipp, jadi saya pulang walaupun masih agak demam (suhu sekitar 38°-an gitu deh)

Tepat di hari Minggu, saya kembali ke Bojonegoro, ke rumah Bapak Ibu saya dan anak-anak juga sudah sampai di situ. Perawatan dengan bekal obat dokter tadi dan saya mencari second opinion ke Drg di sekitar ~drg Thomas dan drg Roikan~ dan ternyata memang benar, impaksi gigi bisa menimbulkan efek seperti yang saya alami. Saat saya menanyakan apakah bisa langsung dicabut. Jawabannya adalah boleh dengan syarat tertentu. Pertama sebaiknya maksimal di usia kehamilan 6 bulan dan kedua sebaiknya dilakukan di RS supaya apabila terjadi komplikasi saat pencabutan maka ada tim medis yang siaga membantu. Dan saat saya diceritakan bagaimana proses mencabutnya, saya ngilu seketika karena ada proses iris-mengiris gusi, hrrrr.... Saya putuskan tunda cabut saja sampai saya lahiran. Jadi saya mendapat 'PR' selalu harus gosok gigi dan kumur pakai antiseptik/mouthwash setelah selesai makan. Intinya, sebisa mungkin gigi selalu bersih jadi terhindar dari infeksi. Gara-gara ini saya dijitak pakSu. Berarti saya kurang care sama kesehatan gigi sendiri. Ternyata dampaknya bisa gak terduga dari masalah yang nampaknya 'sepele'. Belum lagi kerugian non-material seperti anak-anak yang kehilangan kebersamaan dengan saya hampir 2 minggu lebih karena saya terbaring lemes dan gak bisa beraktivitas seperti biasa dengan mereka. Repotnya lagi kalau sakitnya di kala hamil. Rasanya saya selalu feeling guilty karena ngebayangin baby di perut ini terkena imbas gara-gara saya minum obat dalam jangka waktu berminggu-minggu, meskipun dokter uda ngeresepin obat yang aman untuk bumil, ya tetep aja lebih enak hamil sehat lah! Belum lagi entah karena bawaan hamil atau entah karena sakit ini, saya rasanya ga bisa makan normal lho. Semua makanan terasa aneh rasanya di lidah. Gak doyan gitu. Biarpun pakSu dan keluarga uda berusaha bikin atau beli makanan kesukaan saya. Dan lidah saya jadi ga kuat makanan pedas, biarpun cuma dikit. Rasanya lidah seperti terbakar gitu lho. Padahal saya biasaya doyaaan banget masakan pedas. So weird pokoknya! 

Sensasi hamil ketiga ini gitu banget kok. Gambaran kalimatnya tuh: ngenes dirasa, manis dikenang. Pokoknya dulu itu berasa ngenes banget walaupun akhirnya sembuh dan bayi terlahir sehat (Alhamdulillah ya Rab)...

Pesan moral dari cerita ini adalah selalu berusaha menjaga kesehatan dan kebersihan walaupun nampaknya sepele dan ringan, karena saat sakit itu berat rasanya (apalagi saat kamu jadi Emak yang berbuntut, udah sakit tapi pasti banyak banget yang dipikirin hehe). Selalu bersyukur dan minta Allah supaya diberi keselamatan. Saat kesehatan itu dicabut sedikiiit saja, akan terasa bahwa saat kita menjalani hari-hari yang nampaknya 'biasa' saja, ternyata itu adalah anugerah yang besar dan harus selalu disyukuri. Ketiga, saat kamu sakit, selalu ingat bahkan masih ada banyak orang di luar sana yang cobaan sakitnya lebih berat. Jadi tetaplah bersyukur dan semangat untuk pulih kembali ( yang terakhir ini pesan dari pacar seumur hidup saya, kala itu, saat kami habiskan malam berdua saja tanpa keriuhan bocah, sambil ngeliatin pemandangan jalanan Surabaya dari lantai 12A).


2 komentar:

  1. 2015 persis sama...demam tinggi 39an..gonta ganti RS..gonta ganti dokter internis..gonta ganti antibiotik...TERNYATA..sisa gigi bungsu yg pecah sekitar tahun 2008 menjadi sumber nya...hadeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... gak nyangka banget deh masalah gigi itu bikin banyak masalah besar yg kompleks...

      Delete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template