Wednesday, October 01, 2014

(random note) Hutang adalah Janji

Pepatah bilang janji adalah utang. Tapi menurut saya utang juga sama dengan janji. Maksudnya kalau kita utang (pinjem, -red) berarti kita berjanji akan mengembalikan setelah selesai pinjam bukan?

Saya inget jaman SMP saya ini termasuk murid yang cupu kalo di film-film abegeh. Trus suatu saat ada temen cewek yang selama ini terkenal sok tajir dan pilih-pilih teman mendadak pinjem duit beberapa ribu rupiah ke saya entah urgent buat bayar apa gitu. Saya pinjemin. Lalu sampai sekarang sih uang itu gak balik. Hehe, yang saya bahas sih bukannya saya gak ikhlas ngasih uang segitu ke dia. Tapi gayanya yang selama ini sok tajir itu kok aneh ya kalau ternyata pernah punya utang uang receh ke saya. Udah gitu 'lupa' lagi tiap ketemu saya jangankan balikin uang, nyapa aja kagak.

Lupakan kasus pertama, kan namanya SMP masih bocah ya. Cerita sekarang lain lagi. Ada teman saya, sebut saja A (pria) pernah minjemin uang ke pacarnya (yang di kemudian hari cuma jadi mantan). Jumlahnya ya lumayan sih kalo ukuran anak kuliah. Beberapa juta gitu. Sampai si A menikah dengan orang lain, dan sampai si cewek juga jadi istri orang, gak sekalipun si cewek beritikad baik ngembalikin utang atau bahkan sekadar mengabarkan minta maaf seandainya belum bisa ato nggak bisa ngembaliin. Ya untungnya sih si A udah berniat mengikhlaskan sejak awal minjemin uangnya. Cuma masalahnya, apa kalau udah diikhlasin bisa bikin si peminjam lupa konfirmasi gitu?

Ada lagi cerita ketiga. Kali ini sih pria, katakan si B pinjam uang ke teman jaman kuliahnya dulu si C. Sekarang sih mereka sudah sama-sama kerja. Si B pinjem uang beberapa ratus ribu, katanya sih buat tambahan beli cincin nikah. Si C pinjemin aja karena mikirnya orang mau nikah harus dibantu dong. Selang beberapa bulan lamanya kebetulan si C lagi butuh uang juga karena harus pindah rumah dan coba nanyain kabar si B gimana. Dan ternyata si B malah susah banget dihubungi bahkan sekadar balas sms saja tidak mau. Saat C ketemu teman lain yang pernah ketemu B sih ternyata uang yang dulu dia pinjem itu sebenernya dibuat bayar cicilan rumah. Dan nampaknya si B merasa gak harus mengembalikan karena menganggap gaji C lebih besar.

Kemudian saya bandingin cerita-cerita tadi. Oke lah kalau emang gak mau balikin, tapi pikir saya, masak iya para orang dewasa (dengan umur segitu ya) ga ada etikanya pinjem uang? Gak bisa balikin minimal bilang lah ke si empu-nya uang kalau emang gak sanggup balikin. Bukannya pura-pura cuek atau nganggep si empunya uang sudah ngikhlasin. Padahal gimanapun hutang kan tetap hutang yang harus dipertanggungjawabkan bukan? (note: yang saya maksud tanggung jawab bukan hanya masalah mengembalikan uang, tapi ya setidaknya memberitahu lah kalau gak bisa bayar). Belum lagi kalau posisinya sedang terbalik, yang dulunya minjemin kebetulan lagi ganti butuh uang. Nah, gimana hayoo...


Eh kenapa saya jadi sok sibuk ngoreksi orang yang belum bayar utang sih? Hehe...bukan maksud nge-judge orang lain sih. Tapi kemarin saya rada terharu soalnya. Jadi ceritanya ada seorang nenek tua yang tinggal sendirian di desa mertua saya. Tinggal hanya bersama hewan-hewan ternaknya saja (beberapa ayam dan kambing) di tepi sungai kecil dan buritan bambu. Nenek ini pernah pinjam uang Rp 100.000 ke mertua saya. Sebenernya mertua saya sih uda ngikhlasin aja pinjaman uangnya, gak tega juga mau nagih. Lagipula jumlahnya pun tak seberapa. Tapi ternyata selang beberapa minggu si nenek tetap ngotot ngembalikan utangnya. Karena tidak punya uang tunai, si nenek membayar hutangnya berupa 3 ekor ayam peliharaannya. Padahal saya tahu, dengan jumlah ternak yang tak seberapa, nilai 3 ekor ayam tadi sungguh berharga buat si nenek. Sungguh luar biasa menurut saya

Beteweh, kalau dibaca postingannya jadi mirip postingan nyinyir ya. Tapi sebenernya yang terjadi di otak saya adalah sebaliknya. Sekarang saya jadi yang khawatir, jangan-jangan saya masih punya hutang terlupakan sama orang lain....
Teman, kalau saya masih punya utang (entah pinjem uang atau barang apa gitu), kalau saya lupa, jangan sungkan-sungkan ingetin saya ya?

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template